Thu. May 6th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

5 Racikan Mie Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba

3 min read

Jakarta – Jalan-jalan ke Jogja bisa kulineran mie ayam enak. Ada versi mie ayam gerobakan hingga bakmi Jawa dengan harga di kantong. Dijamin kenyang dan puas saat melahapnya.

Pencinta mie ayam dan bakmi Jawa bisa mampir ke 5 tempat mie ayam enak di Jogja ini. Masing-masing memiliki ciri khas dari segi bumbu maupun pelengkap. Mie ayam dan bakmia Jawa juga dibanderol dengan harga murah sehingga tak bikin kantong jebol. Yuk, coba!

1. Mie Ayam Tumini

5 Mie Ayam Enak di Jogja yang Wajib Kamu Coba

Foto: Instagram sintakhyu

Menyebut mie ayam enak di Jogja tak bisa meninggalkan Mie Ayam Bu Tumini. Lokasinya ada di Umbul Harjo, dekat Terminal Giwangan. Kabarnya Mie Ayam Bu Tumini sudah ada sejak tahun 1990.

Racikan mienya sederhana dengan ciri khas kuah kental berwarna cokelat. Porsi mie ayam di sini juga besar. Toppingnya antara lain potongan ayam dan ceker ayam yang populer. Kalau mau kenyang, pesan saja mie ayam jumbo. Harga Mie Ayam Bu Tumini berkisar antara Rp 8.000 – Rp 14.000.

Mie Ayam Tumini
Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo

2. Bakmi Mbah Gito

5 Mie Ayam Enak di Jogja yang Wajib Kamu CobaFoto: detikfood

Mau menyantap bakmi hangat? Mampir saja ke Bakmi Jowo Mbah Gito di kawasan Kotagede. Menu andalan di sini adalah Bakmi Godog Kuning. Bakmi godog dilengkapi daun bawang, telur, suwiran ayam, seledri, kol, dan bawang goreng.

Makin enak karena Mbah Gito menggunakan telur bebek dan ayam kampung empuk untuk racikan bakminya. Menu lain yang bisa dicoba adalah magelangan. Berupa campuran nasi goreng dan mie goreng. Harganya mulai dadri Rp 15.000 hingga Rp 22.000.

Bakmi Mbah Gito
Jl. Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede

3. Mie Ayam Goreng Mekaton

5 Mie Ayam Enak di Jogja yang Wajib Kamu CobaFoto: IG @cececarimakan

Di dekat Pasar Srikaton Sayegan Sleman, wajib mampir ke Mie Ayam Mekaton. Tempat makan ini menawarkan mie ayam goreng dan mie ayam biasa (kuah) dengan harga sekitar Rp 10.000. Ciri khas Mie Ayam Mekaton ada pada tekstur mie yang tebal dan kenyal.

Konon mie diracik sendiri dari bahan utama terigu dan telur bebek. Untuk toppingnya menggunakan potongan daging ayam, sayur sawi matang, ketimun, dan kuah. Banyak orang jatuh cinta dengan topping di Mie Ayam Mekaton yang ukurannya besar dan bumbu kecapnya meresap.

Mie Ayam Goreng Mekaton
Jl. Kebon Agung Somokaton, Somokaton

4. Mie Ayam Pak Kliwon

5 Mie Ayam Enak di Jogja yang Wajib Kamu CobaFoto: IG @mieayam_jogja

Mie Ayam Pak Kliwon dijual di gerobak biru dekat SMAN 1 Teladan Yogyakarta. Menu di sini sederhana berupa mie ayam, mie ayam jamur, mie ayam pangsit, dan mie ayam pangsit jamur. Pelengkapnya ada jamur, sawi rebus, dan daun bawang.

Untuk topping ayamnya berupa potongan dadu dengan ukuran mungil. Mienya juga bertekstur kecil dengan dominasi rasa gurih segar dari bumbunya. Harga yang ditawarkan terjangkau sekitar Rp 7.500 per porsi.

Mie Ayam Pak Kliwon
Jalan Prof. Dr. Amri Yahya, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wirobrajan

5. Bakmi Kadin

5 Mie Ayam Enak di Jogja yang Wajib Kamu CobaFoto: IG @Cizzy_luna

Bakmi Kadin sangat legendaris di Jogja karena sudah ada sejak 1947. Bakmi yang didirikan Karto Kasidin ini bahkan jadi favorit Presiden Soeharto semasa hidup.

Menu yang ditawarkan antara lain bakmi godok dn bakmi goreng. Ada juga Bakmi Kadin Spesial dengan tambahan hati/sayap/kepala/ampela ayam. Pelengkap lainnya adalah kekian, telur, hingga daun bawang. Bakmi Kadin masih dibuat dengan arang sehingga rasa dan aromanya khas. Harganya sekitar Rp 25.000 untuk Bakmi Spesial dan Rp 17.000 untuk Bakmi Telor.

Bakmi Kadin
Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Kec. Mergangsan