Fri. Aug 6th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Anies Ikut Pawai Sepeda Peringati Kelahiran Mahatma Gandhi

1 min read

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ikut memeriahkan acara peringatan 150 tahun kelahiran tokoh perdamaian asal India, Mahatma Gandhi. Acara tersebut dilangsungkan dengan menggelar pawai sepeda, Rabu (31/7/2019).

Pawai dimulai dari depan kantor Kedutaan Besar India di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat. Saat mendatangi lokasi, Anies menemui para peserta dan disambut oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat.

Sebelum memberikan sambutan, Anies mengaku mengagumi sosok Mahatma Gandhi. Ia menganggap Mahatma Gandhi telah memberikan inspirasi dalam perjuangan meraih kemerdekaan di Asia dan Afrika.

“Mahatma Ghandi adalah seorang pribadi pejuang kemanusiaan yang idenya yang tindakannya telah inspirasi perjuangan kemerdekaan,” ujar Anies.

Selain itu Anies menyebut Mahamatma Gandhi menginspirasi karena memperjuangkan kemerdekaan tanpa menggunakan kekerasan. saat acara, Anies menggunakan kaus yang yang bertuliskan salah satu kutipan dari Mahatma Gandhi.

“Bahkan kalimat yag dituliskan dalam kaus yang dituliskan hari ini, adalah bila setiap mata harus diganti dengan mata, maka akan membuat dunia buta,” kata Anies.

Pradeep menyebut sengaja memilih acara bersepeda untuk memperingati kelahiran pejuang gerakan kemerdekaan India itu. Menurutnya filosofi bersepeda sejalan dengan pemikiran Mahatma Gandhi.

“Bersepeda merupakan sarana transportasi paling penting yang ramah bagi lingkungan,” jelas Pradeep.

Setelah menemui awak media, Anies membuka acara bersama Pradeep dengan membunyikan sebuah gong. Ia juga sempat ikut bersepeda bersama dengan para peserta yang didominasi warga India.

Baca juga !