Mon. Dec 16th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Aramco Patok Harga 8 Dolar AS Per Unit Saham

2 min read

Raksasa minyak dunia asal Arab Saudi, Saudi Aramco mematok harga sahamnya sebesar 8 dolar as per unit saham. Dengan harga tersebut Aramco diperkirakan bakal meraup dana segar dari hajatan Initial Public Offering (IPO) senilai 1,7 triliun dolar AS.

Raupan dana segar ini dibawah ekspektasi perusahaan yang ingin mendapatkan dana segar dari IPO sebesar 2 triliun dolar AS yang ditargetkan oleh putra mahkota kerajaan.

Saudi Aramco mengatakan dalam sebuah pernyataan pers pada Minggu pagi bahwa mereka berharap untuk menjual 1,5 persen saham perusahaan, atau sekitar 3 miliar saham.

Kisaran harga indikatif untuk saham tersebut adalah 30 riyal (8 dolar AS) hingga 32 riyal (9 dolar AS), menilai penawaran umum perdana (IPO) hingga sebanyak 96 miliar riyal (25,60 miliar dolar AS) di ujung atas kisaran, menurut Reuters Senin (18/11/2019).

Angka itu menyiratkan bahwa raksasa minyak itu bernilai antara 1,6 triliun dolar AS hingga 1,7 triliun dolar AS. IPO bulan depan bisa mengalahkan rekor 25 miliar dolar AS yang diangkat oleh perusahaan e-commerce China Alibaba ketika debut di New York pada 2014.

Daftar Aramco akan jatuh tempo pada bulan Desember dan perusahaan mengatakan akhir pekan lalu bahwa Aramco akan menjual hingga 0,5 persen sahamnya kepada investor individu. Spekulasi dan pengumuman tertunda pada daftar publik perusahaan paling menguntungkan di dunia itu telah memukau investor dan pengamat pasar sejak rencana float pertama kali diungkapkan tiga tahun lalu.

Raksasa minyak itu telah menunda IPO – yang semula dijadwalkan untuk 2018 – berkali-kali, dilaporkan atas kekhawatiran Saudi tentang pengawasan publik atas keuangannya dan karena kompleksitas struktur perusahaannya seperti.

Penilaian analis terhadap perusahaan bervariasi dari 1,2 triliun dolar AS hingga 2,3 triliun dolar AS Sebagai perbandingan, saingan terdekat AS Aramco, Exxon Mobil, memiliki kapitalisasi pasar hampir 300 miliar dolar AS dan Chevron bernilai sekitar 229 miliar dolar AS.