Thu. Feb 20th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

AS Konfirmasi Infeksi Virus Korona Pertama di Negaranya

2 min read

WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) telah mengonfirmasi kasus pertama virus korona baru di wilayahnya. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mengatakan virus itu didiagnosis pada seorang warga AS yang tiba di Seattle dari China.

Virus korona jenis baru, yang menyebar dari Kota Wuhan, China, sejauh ini telah menginfeksi hampir 300 orang. Sebanyak enam orang juga dilaporkan meninggal setelah terinfeksi virus tersebut.

Pasien yang didiagnosis di AS diidentifikasi sebagai seorang pria berusia 30 tahunan yang baru kembali dari Wuhan pada 15 Januari.

“Pasien mencari perawatan di fasilitas medis di Negara Bagian Washington, tempat pasien dirawat karena penyakit itu,” demikian disampaikan CDC dalam sebuah pernyataan yang dilansir BBC, Selasa (22/1/2020).

“Berdasarkan riwayat dan gejala perjalanan pasien, profesional kesehatan mencurigai penyakit ini adalah virus korona baru.”

Lebih lanjut CDC mengatakan hasil pengujian di laboratorium terhadap spesimen klinis pada 20 Januari mengonfirmasi bahwa pria itu memang terjangkit virus korona baru dari China.

Sebelumnya pada Senin, para pejabat China untuk pertama kalinya mengonfirmasi bahwa virus tersebut dapat menular dari orang ke orang. Penyakit yang pertama kali diidentifikasi pada akhir tahun lalu itu semula diyakini terkait dengan pasar makanan laut yang juga menjual hewan hidup.

Pada saat yang sama media Pemerintah China mengatakan enam orang telah meninggal karena infeksi yang menyebabkan penyakit jenis pneumonia.

Saat ini ada 291 kasus yang telah dilaporkan di kota-kota besar di China, termasuk Beijing dan Shanghai. Namun, sebagian besar kasus berada di Wuhan, kota berpenduduk 11 juta jiwa yang menjadi pusat wabah virus tersebut.

 

Beberapa negara, termasuk Australia, Singapura, Hong Kong, Taiwan, AS, dan Jepang, telah meningkatkan pemeriksaan penumpang pesawat yang tiba dari China, terutama Wuhan. Korea Utara bahkan telah memberlakukan larangan bagi turis asing dari China untuk berkunjung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan orang-orang untuk menghindari kontak “tanpa perlindungan” dengan hewan hidup, memasak daging dan telur dengan saksama, dan menghindari kontak dekat dengan siapa pun dengan gejala pilek atau seperti flu.

Tanda-tanda infeksi virus korona termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas.

Baca juga !