Thu. Aug 13th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

BI Prediksi Rupiah Tertekan Hingga Awal 2020

1 min read

LABUAN BAJO РBank Indonesia (BI) memproyeksi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diprediksi akan tertekan di akhir tahun. Bahkan pelemahan rupiah itu akan terus berlanjut hingga pertengahan Januari 2020.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Makro BI, Endy Dwi Tjahjono, mengatakan pelemahan rupiah di akhir tahun merupakan hal yang sudah biasa. Hal ini karena suplai dolar Amerika Serikat yang terbatas pada akhir tahun.

“Akhir tahun, ya tanggal-tanggal ini nanti sampai 2020, rupiah tertekan. Domestiknya mulai tidak suplai dolar AS, disimpan,” ujar Endy saat pelatihan wartawan BI di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Senin (9/12/2019).

Dia mengungkapkan pelemahan rupiah ini disebabkan investor asing biasanya melakukan relokasi dananya dari negara berkembang di akhir tahun. Namun menurut Endy, hal ini hanya bersifat sementara.

“Nanti setelah minggu pertama atau kedua Januari, uangnya balik lagi ke kita. Setelah laporan akhir tahun keluar, mereka mulai cari duit lagi,” jelasnya.

Namun demikian, Endy meyakini level rupiah saat ini masih cukup stabil. “Untuk sekarang masih oke,” tambahnya.

Berdasarkan data pasar spot indeks Bloomberg, kurs rupiah pada perdagangan Senin (9/12/2019) ditutup menguat 27 poin ke Rp14.010 per USD, dibandingkan level penutupan Jumat pekan lalu di Rp14.037 per USD.