Mon. Jul 13th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

CFD di Bandung Belum Digelar, Polisi: Situasi Belum Memungkinkan

2 min read

Bandung –

Pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Kota Bandung belum bisa terlaksana. Polisi menyebut kondisi pandemi saat ini belum memungkinkan pelaksanaan CFD.

“Belum kita terapkan, situasinya belum memungkinkan,” ucap Ksatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur kepada wartawan, Minggu (28/6/2020).

Menurut Bayu pelaksanaan CFD perlu kajian yang lebih matang guna mencegah penyebaran COVID-19. Pasalnya, pelaksanaan CFD memungkinkan orang berkerumun.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan kajian bersama dengan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di tingkat Kota Bandung bila nantinya CFD akan dilaksanakan.

Kendati demikian, Bayu mengingatkan agar masyarakat yang berolahraga keluar rumah atau bersepeda di jalan raya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Penggunaan masker dan jaga jarak, menjadi salah satu hal dasar yang harus dilaksanakan.

Sebelumnya, Pemkot Bandung juga menyatakan belum membolehkan pelaksanaan CFD meski status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah berakhir. Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana menegaskan kebijakan itu untuk mengantisipasi terjadinya euforia warga.”Harus menerapkan protokol kesehatan sama jaga jarak. Kita kan memasuki AKB (adaptasi kebiasaan baru) nah yang menjadi protokol kesehatan itu harus dipatuhi,” tuturnya.

“Favorit tetap Dago, tanpa car free day pun kerumunan tetap ada. Kemarin evaluasi PSBB proporsional yang kedua kta rekomendasikan nanti dulu, punteun, kita melihat ada euforia khususnya sepeda juga, car free day dominan orang yang pakai sepeda,” kata Yana di Balaikota Bandung, Sabtu (27/6/2020).

Menurutnya new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) bukan momen untuk mengendorkan kewaspadaan akan ancaman COVID-19. “Euforia seolah-olah ini sudah normal, kemarin kita tutup lagi jalan, walau sudah AKB. Itu juga menjadi pengingat kepada warga,” katanya.

Baca juga !