Tue. Mar 2nd, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Conte Pakai Formasi 3-5-2 untuk Buat Inter Lebih Agresif

2 min read

MILAN – Pelatih Inter Milan, Antonio Conte, menggunkan formasi 3-5-2 saat tim asuhannya menang telak 4-0 atas Lecce pada pekan pertama Liga Italia 2019-2020. Pada laga yang berlangsung di Giuseppe Meazza, Selasa (27/8/2019), dini hari WIB itu, Marcelo Brozovic (21’), Sensi (24’), Romelu Lukaku (60’) dan Antonio Candreva (84’) mencetak gol untuk Inter.

Antonio Conte  (Foto: Reuters)

Conte menempatkan Brozovic, Sensi dan Matias Vecino di lini tengah sebagai gelandang yang berperan sebagai pemutus serangan lawan ataupun jembatan ke lini depan. Kemudian ada Kwadwo Asamoah di sayap kiri sedangkan Candreva di sisi lainnya yang akan naik turun untuk menyerang ataupun bertahan.

Para pemain di lini tengah bertugas untuk melayani Lukaku dan Lautaro Martinez yang berduet di lini depan. Formasi itu terbukti cocok untuk Inter karena mampu menampilkan sepakbola agresif. Meski agresif tetapi Inter tetap tangguh di belakang dengan keberadaan trio Milan Skriniar, Andrea Ranocchia dan Danilo D’Ambrosio.

Menilik dampak positif dari formasi 3-5-2 maka Inter asuhan Conte disinyalir akan menggunakan itu sebagai pakem utamanya musim ini. Akan tetapi, pemilihan formasi 3-5-2 sejatinya tak terlalu mengejutkan mengingat Conte adalah sosok yang memopulerkannya dalam beberapa musim terakhir ini. Conte selalu menggunakan formasi 3-5-2 di setiap tim yang dilatihnya.

“Sensi dan Brozovic adalah pemain yang sangat serbaguna yang memiliki banyak kualitas di bola. Mereka akan berjuang di lini tengah jika hanya berdua, tetapi dengan tiga mereka melakukannya dengan sangat baik. Versi 3-5-2 ini adalah evolusi yang lebih agresif dari yang lama 4-2-4. Saya pikir saya memiliki tata krama untuk sistem semacam ini dan pemain tengah siap untuk maju,” ujar Conte, seperti yang dikutip dari Football Italia, Selasa (27/8/2019).