Mon. Sep 28th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Dianggap Istimewa, Indonesia Dapat ColorOS 11 Duluan

3 min read

Jakarta –

Bukan rahasia lagi masih banyak vendor teknologi yang memandang sebelah mata Indonesia. Tapi bagi tim ColorOS, negara kita punya tempat istimewa.

Sebagai bukti pengguna di Indonesia sudah bisa mencicipi pembaruan ColorOS 11. Padahal sebelumnya butuh waktu lebih lama.

“Semenjak kemarin diluncurkan, pengguna Find X2 dan X2 Pro di Indonesia sudah langsung mendapatkan pembaruan ColorOS 11,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia saat memperkenalkan ColorOS 11, Selasa petang (15/9/2020).

Tak hanya itu, pengguna Oppo di Indonesia dinilai sangat aktif. Terpantau banyak beta tester ColorOS yang mendaftar berasal dari Indonesia dan mereka rajin memberikan feedback.

You may also like

Salah satu fitur baru di ColorOS 11 Duluan Foto: Oppo

“Indonesia dianggap negara yang penting karena penggunanya banyak. Selain itu teman-teman volunteer juga banyak, mendaftarkan diri menjadi beta tester untuk tidak hanya mengetes, tapi juga memberikan feedback ke tim ColorOS,” jelas Aryo.

“Akhirnya setiap sisi ColorOS 11 sebenarnya ada bagian dari Indonesia yaitu feedback, pengembangan, saran dan lain-lain. Saya bisa jamin di setiap bagian di ColorOS yang akan update nanti ada partisipasi dari Indonesia. Itu yang kita menjadi negara yang spesial di ColorOS, bahkan saat launching global kemarin cukup banyak sekali nama Indonesia disebut, jadi memang spesial sekali,” imbuhnya.

Kolaborasi Google

Dalam menghadirkan ColorOS 11 ini, Oppo berkolaborasi dengan Google. Karena itu bisa lebih cepat dicicipi penggunanya.

“Oppo menjadi salah satu OEM yang paling cepat mengadopsi Android 11,” klaim Aryo.

Sebagai perbandingan pada 2018 silam, pengguna Oppo baru bisa mencicipi update Android 9 setelah 321 hari dirilis resmi Google. Lalu pada ColorOS 7 makin singkat.

Pengguna Oppo baru bisa menikmati Android 10 setelah 83 hari resmi dirilis. Tapi kini mereka tidak perlu menunggu karena ColorOS 11 dirilis berbarengan dengan peluncuran resmi Android 11 oleh Google.

“Pengalaman saya, kurang lebih 30-45 menit setelah Google resmi merilis Android 11 pada 8 September lalu, saya mendapatkan notifikasi ketersediaan close beta. Lalu pada 14 September kembali dapat update untuk public beta,” ungkap Aryo.

Saat ini memang baru Find X2 dan Find X2 Pro yang mendapatkan ColorOS 11. Namun Oppo telah membuat time line kapan perangkat lainnya mendapatkan pembaruan berbasis Android 11 ini. Berikut lengkapnya.

  • Mulai 14 September : Find X2, Find X2 Pro, Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition
  • Mulai 30 September: Reno 3 5G, Reno 3 Pro 4G, F17 Pro
  • Mulai Oktober: Reno 4 Pro 5G
  • Mulai November: Reno 4 4G, Reno 4 4G
  • Mulai Desember: Reno 4 4G, F11, F11 Pro, F11 Pro (Marvel Avengers Limited Edition), A9, A92, A72, A52
  • Mulai Q1 2021: Reno 10X Zoom, Reno 2, Reno2 F, Reno 2 Z, Reno 3 Pro 5G, A91, F15
  • Mulai Q2 2021: Reno, Reno Z, A5 2020, A9 202
Fitur baru ColorOS 11Fitur baru ColorOS 11 Foto: Oppo

Cara Update

Untuk pengguna Find X2 dan Find X2 Pro yang ingin update ColorOS 11 caranuya sebagai berikut:

Langkah pertama: Mengajukan versi Beta
– Buka Setting
– Pilih Software Update
– Tekan ikon Gear di pojok kanan atas
– Lalu tekan Beta Version
– Masukan beberapa informasi yang diminta, lalu Apple Now

Proses pengajuan tidak begitu lama, maksimal 3 hari. Setelahnya akan notifikasi kalau telah sukses setelahnya lakukan update, yaitu
– Buka Settings
– Software Update
– Jika sudah tersedia ColorOS 11, tekan Download Now

Untuk mengetahui fitur apa saja yang ada di ColorOS 11 bisa membacanya di sini