Fri. Apr 3rd, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Dinyatakan Sehat, WNI yang Diobservasi Jangan Distigma Negatif

1 min read

JAKARTA – Masyarakat diminta untuk menyambut WNI yang telah diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau. Masyarakat diminta tidak menstigma 238 WNI yang diobservasi tersebut.

“Masyarakat diminta untuk berlapang dada dan bersuka cita menerima kepulangan WNI yang telah diobservasi di Natuna. Keluarga dan masyarakat di sekitar tempat tinggal mereka diminta untuk memperlakukan mereka seperti biasa. Tidak boleh ada stigma negatif dan tidak baik yang dialamatkan kepada mereka,” kata Komisi IX DPR RI Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay kepada Okezone. Minggu (16/2/2020).

Saleh menyebutkan, para WNI yang mengikuti proses observasi setelah dievakuasi dari Kota Wuhan, China, bukan dikarenakan terjangkit virus korona. Proses observasi selama 14 hari itu hanya untuk memastkan ratusan WNI tersebut benar-benar sehat.

“Kita harus memperlakukan mereka seperti orang sehat lainnya. Sebab, pada hakikatnya, mereka semua adalah sehat. Hanya saja, karena mereka baru pulang dari Wuhan, episentrum mewabahnya virus korona, mereka perlu diobservasi. Hanya untuk memastikan ulang bahwa mereka sehat,” tuturnya.

 

Karena itu, Saleh menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap WNI yang sudah mengikuti observasi di Natuna. Pasalnya, observasi merupakan salah satu prosedural kesehatan dari Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sebab, prosedur observasi yang dilakukan sudah sesuai dengan standar WHO. Perwakilan WHO di Indonesia juga diketahui ikut aktif memantau dan mengawasi proses observasi,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara resmi telah memulangkan 238 WNI ke daerah masing-masing setelah telah dinyatakan sehat dan tidak terinfeksi virus korona atau covid-19 seusai menjalani observasi selama 14 hari di Natuna.

Baca juga !