Fri. Apr 3rd, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Dramatis! Olympiakos Singkirkan Arsenal

3 min read

London –

Laga dramatis tercipta di Emirates Stadium saat Arsenal menjamu Olympiakos. Melewati 120 menit, Olympiakos akhirnya lolos ke 16 besar Liga Europa usai menang 2-1!

Pada leg kedua 32 besar, Jumat (28/2/2020) dini hari WIB, Arsenal yang unggul agregat 1-0 di leg pertama dipaksa melakoni perpanjangan waktu 2×15 menit. Olympiakos mencetak gol di babak kedua lewat Pape Cisse.

Di masa extra time, Arsenal menyamakan skor lewat Pierre-Emerick Aubameyang di menit ke-113 sebelum Youssef El-Arabi membuat publik tuan rumah patah hati lewat golnya di menit ke-119! Olympiakos menang 2-1 dan lolos dengan unggul agregat gol tandang 2-2.

Jalannya pertandingan

Arsenal menurunkan tim terbaiknya menghadapi Olympiakos. Bernd Leno di bawah mistar dan kuartet Mesut Oezil, Pierre-Emerick Aubayemang, Nicolas Pepe, dan Alexandre Lacazette di lini serang. Meski menurunkan skuat terbaiknya, Arsenal kesulitan menciptakan peluang bersih.

Pertahanan ketat Olympiakos membuat empat penyerangnya itu frustrasi. Sementara Olympiakos beberapa kali membuat peluang lewat serangan balik. Satu peluang didapat Olympiakos pada menit ke-36 memanfaatkan kesalahan di sisi kanan pertahanan Arsenal.

Mady Camara dalam posisi bebas usai kealpaan Hector Bellerin dalam menjaga daerahnya. Tinggal berhadapan dengan Lenon, Camara nervous dan sepakannya melebar dari sasaran.

Tak ada gol tercipta di babak pertama. Memasuki babak kedua, tensi pertandingan memanas karena kedua tim sama-sama ingin mencetak gol.

Olympiakos yang mencetak gol duluan di menit ke-53 sekaligus menyamakan agregat 1-1. Mathieu Valbuena melepaskan sepak pojok yang ditanduk Pape Cisse ke gawang Leno. Gol yang membangkitkan semangat Olympiakos untuk menambah keunggulan.

Dramatis! Olympiakos Singkirkan ArsenalFoto: Frank Augstein/AP Photo

Gawang Arsenal nyaris bobol lagi di menit ke-57 saat Kostas Tsimikas menusuk dari sisi kiri dan menembak melengkung ke pojok gawang. Leno dengan sigap menepis bola tersebut.

Arsenal baru mendapat shot on target pertamanya di menit ke-76. Pepe mendapat ruang tembak dan langsung mengirimkan bola melengkung yang memaksa Jose Sa susah payah menepisnya.

Di sisa 10 menit pertandingan, Arsenal berupaya untuk mencari gol tapi tak satupun berbuah hasil hingga babak tambahan waktu 2×15 menit harus dimainkan.

Memasuki babak pertama perpanjangan waktu, Arsenal masih kesulitan membuat peluang berbahaya ke gawang Olympiakos. Tim tamu malah bikin kans bagus di menit ke-104 ketika Bruno Gaspar berdiri cukup bebas di sisi kiri kotak penalti Arsenal usai menerima umpan.

Namun, Gaspar tak bisa menjaga akurasi tembakannya dan bola melayang di atas mistar.

Olympiakos lagi-lagi bisa mengancam gawang Leno. Kali ini pada menit ke-108 ketika Giorgos Masouras melepaskan sepakan melengkung namun bola menghantam mistar.

Arsenal akhirnya bisa menyamakan skor 1-1 sekaligus membuat mereka unggul agregat 2-1. Pada menit ke-113, crossing Oezil menuju Gabriel Martinelli di kotak penalti tapi bola disapu bek Olympiakos dan malah jatuh di jalur Aubameyang, yang langsung melepaskan sepakan akrobatik untuk menjebol jala Jose Sa.

Tapi, keunggulan itu sirna di menit akhir babak kedua perpanjangan waktu ketika Arsenal gagal mengatasi korner Olympiakos. Bola jatuh di kaki Masouras yang melepaskan crossing ke depan gawang dan El-Arabi lolos dari penjagaan untuk menyontek bola ke jala Leno.

Arsenal sempat mendapat peluang emas untuk mencetak gol lagi di detik-detik akhir tapi tembakan Aubameyang di depan gawang melebar dari sasaran. Olympiakos menang 2-1 dan lolos ke 16 besar!

Susunan pemain

Arsenal: Bernd Leno; Hector Bellerin (Joe Willock 84′), Shkodran Mustafi (Sokratis 103′), David Luiz, Bukayo Saka; Dani Ceballos (Lucas Torreira 72′), Granit Xhaka; Pierre-Emerick Aubameyang, Mesut Oezil, Nicolas Pepe; Alexandre Lacazette.

Olympiakos: Jose Sa; Omar Elabdellaoui, Ousseynou Ba, Pape Abou Cisse, Kostas Tsimikas (Maximiliano Lovera 114′); Guilherme, Mady Camara, Andreas Bouchalakis; Lazar Randelovic (Giorgos Masouras 77′), Youssef El-Arabi, Mathieu Valbuena (Bruno Gaspar 88′).