Thu. Jan 21st, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Efek Samping Ekstensi Bulu Mata, Terkena Eksim hingga Infeksi

2 min read

Bulu mata panjang dan penuh dianggap menarik, terutama pada wanita. Itu sebabnya bulu mata tiruan terus meningkat. Tetapi ekstensi bulu mata ini memiliki risiko kesehatan.

Sekalipun prosesnya dilakukan dengan benar, ekstensi bulu mata tetap memiliki efek samping, seperti yang dilansir dari DW.com.

“Itu (bulu mata ekstensi, -red) bisa menyakitkan dan sangat gatal. Itu sangat tidak nyaman, dan juga terkadang terlihat aneh,” ujar direktur Dermatologi dan Alergi di Wiesbaden di Jerman barat, Christiane Bayerl.

Ekstensi bulu mata juga bisa menyebabkan alergi, yang bisa berubah menjadi eksim di daerah sekitar mata.

Bayerl mengungkapkan, peran utama dari bulu mata adalah bukan untuk terlihat cantik. Tetapi untuk melindungi mata dari pertikel debu serta benda asing lainnya, seperti keringat, angin dan hujan.

Ilustrasi bulu mata extension [shutterstock]
Ilustrasi bulu mata extension [shutterstock]

Bulu mata membutuhkan waktu sekitar empat hingga enam bulan untuk tumbuh dan mereka “hidup” selama 100 hingga 150 hari. Mereka selalu tumbuh kembali, tetapi tidak selalu panjang atau cukup tebal untuk beberapa wanita.

Inilah mengapa beberapa wanita melakukan ekstensi bulu mata.

Terdapat 3 pilihan bulu mata ekstensi, bahan sintetis, sutra atau bulu binatang. Untuk bulu binatang, bulu mata terbuat dari bulu cerpelai.

Metode lain untuk bulu mata yang lebih panjang adalah serum, yang diaplikasikan pada bulu mata Anda untuk membuatnya tumbuh.

“Zat-zat (pada serum) itu berhubungan dengan prostaglandin,” kata Bayerl.

“Prostaglandin digunakan dalam obat tetes mata medis, misalnya untuk mengobati glaukoma. Tetapi bagi mereka yang mengingakannya perlu mendapatkan resep,” sambungnya.

Serum bulu mata yang dijual bebas dapat mengiritasi mata. Jika ini terjadi, Anda harus segera berhenti menggunakannya. Seorang dokter mungkin menggunakan obat anti-inflamasi untuk mengobati iritasi.