Thu. Jan 21st, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Ferrari Akui Tidak Mudah Meminta Vettel Mengalah untuk Leclerc

1 min read

STAVELOT – Prinsipal Scuderia Ferrari, Mattia Binotto, mengaku tidak mudah untuk membuat kedua pembalapnya setuju dengan team order. Namun, strategi tersebut sangat jitu guna meraih kemenangan pertama The Prancing Horse di Formula One (F1) 2019.

Strategi team order menjadi kunci kemenangan Scuderia Ferrari di F1 GP Belgia 2019, Minggu 1 September malam WIB. Sebab, taktik itu terbukti jitu menghalangi laju Lewis Hamilton saat mengejar Charles Leclerc di 10 putaran terakhir.

Sebastian Vettel mengalah untuk Charles Leclerc (Foto: Twitter/F1)

Scuderia Ferrari sengaja meminta Sebastian Vettel untuk mengalah buat Charles Leclerc di putaran ke-27. Pembalap berpaspor Jerman itu lantas diperintahkan menahan laju Lewis Hamilton sehingga rekan setimnya bisa merentang selisih waktu yang cukup agar tidak terkejar.

Sejak awal musim kedua pembalap sulit menerimanya ketika kami mencoba memakai strategi itu. Kami selalu katakan prioritas utama adalah tim dan poin tim. Jadi, di setiap balapan kami membahasnya dengan kedua pembalap dan itu yang saya tekankan sebelum balapan,” ucap Mattia Binotto, melansir dari Crash, Selasa (3/9/2019).

“Bukan sebuah permintaan yang mudah. Kami harus mengambil keputusan yang tepat dalam waktu singkat. Simpelnya, kami harus mengambil reaksi yang tepat terhadap langkah Mercedes,” imbuh pria berusia 49 tahun tersebut.

Mattia Binotto mengakui tidak mudah untuk mengeksekusi team order (Foto: Scuderia Ferrari)

Tim asal Maranello akhirnya memetik buah dari kejelian membaca situasi di balapan. Charles Leclerc keluar sebagai pemenang, sekaligus menghapus dahaga kemenangan Scuderia Ferrari yang terakhir kali menjadi yang tercepat di F1 GP Amerika Serikat (AS) 2018 lewat Kimi Raikkonen.