Mon. Mar 30th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Hangatkan Badan dengan Sarabba, Minuman Penambah Stamina Khas Makassar

3 min read

Jakarta –

Sarabba memang tidak sepopuler wedang jahe khas Jawa tapi khasiatnya tak kalah nendang. Racikan jahe, santan, gula aren dan kuning telur ini bisa menambah stamina.

Di Sulawesi Selatan, masyarakat kerap menikmati sarabba sebagai minuman penghangat tubuh sekaligus penambah stamina. Penjual sarabba bisa ditemui dengan mudah di kawasan Makassar, biasanya minuman ini dinikmati malam atau saat cuaca dingin karena musim hujan.

Tidak harus ke Makassar kalau ingin menikmati sarabba, kamu bisa juga meraciknya sendiri di rumah. Untuk membuat sarabba hanya diperlukan beberapa bahan sederhana seperti jahe, santan, kuning telur, gula aren dan merica bubuk.

Sarabba sudah lama jadi minuman herbal yang ampuh mengusir masuk angin, perut kembung, gejala flu, meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah stamina. Sarabba bisa juga dijadikan minuman hangat saat sarapan di pagi hari.

Berikut fakta soal sarabba, minuman tradisional khas Makassar yang bisa jadi penambah stamina.

1. Sudah lama dikonsumsi
Tidak ada yang tahu persis kapan sarabba pertama kali disajikan tapi masyarakat Makassar percaya kalau sarabba sudah ada sejak lama. Ada juga yang mengatakan kalau sarabba dibawa dan diperkenalkan oleh bangsa Arab.

Meskipun tidak ada yang tahu kapan sarabba mulai ditemukan tapi racikannya diwariskan secara turun temurun. Di Makassar ada satu kedai sederhana yang sudah menjual sarabba sejak tahun 1980-an.

Saking terkenalnya sarabba, sekarang minuman ini tidak hanya dijajakan secara tradisional tapi juga tersedia di restoran dan hotel berbintang. Sarabba dalam versi instan juga sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk dan siap diseduh dengan air panas.

2. Bahan sarabba
Mirip wedang jahe, sarabba terbuat dari bahan utama jahe namun dengan campuran berbeda. Sarabba dibuat dengan merebus jahe dan gula aren hingga mendidih kemudian campur santan sambil dimasak terus hingga seluruh sari jahe keluar.

Kemudian campur dengan kuning telur dan merica. Masak hingga mengental kemudian angkat dan saring. Sarabba bisa langsung segera dinikmati hangat.

Selain versi original, sarabba kini juga banyak diracik dengan tambahan susu sebagai penambah rasa sekaligus penambah nutrisi. Meski menggunakan kuning telur, tapi sarabba tidak berbau amis karena aroma jahenya tercium sangat kuat.

3. Khasiat sarabba
Sarabba memiliki berbagai khasiat kesehatan, salah satu yang paling terkenal adalah sebagai penambah stamina dan penguat daya tahan tubuh. Kandungan jahe pada sarabba memberikan sensasi segar sekaligus mengobati kembung, masuk angin dan flu.

Sementara kuning telur berkhasiat meningkatkan stamina serta penawar letih. Lain lagi dengan lada hitam yang berkhasiat menyehatkan sistem pencernaan dan meredakan efek peradangan.

Rasa pedas dari jahe dan merica membuat tubuh merasakan hangat. Apalagi ketika dinikmati dalam keadaan hangat, efeknya langsung terasa. Gejala flu dan masuk angin dijamin langsung minggir

4. Minum sarabba sambil makan gorengan
Di Makassar biasanya sarabba dinikmati sambil menyantap kudapan gurih seperti gorengan. Pisang goreng dengan sambal khas biasaya selalu jadi pelengkap sarabba.

Pisang goreng ini biasa dinikmati dengan sambal unik yang diracik dari cabai dan ubi. Sambal kental dan pedas ini dijadikan cocolan pisang goreng dan dinikmati sambil menyeruput sarabba.

5. Resep sarabba
Sarabba bisa dibuat sendiri di rumah, bahan dan cara membuatnya juga sangat mudah.

Bahan:
200 gram jahe, memarkan
250 gram gula merah, sisir
1 sdm merica butiran
200 ml santan kental
1,5 liter air

Cara membuat

1. Didihkan air dalam panci, masukkan jahe, merica dan gula merah, masak selama 10 menit hingga gula larut,
2. Tuang santan sambil terus diaduk perlahan. Tambahkan kuning telur, aduk kembali,
3. Angkat dan sajikan hangat.

 

Baca juga !