Sat. Feb 29th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Honda Sukses Produksi 400 Juta Unit Motor pada 2019

2 min read

Produsen motor Honda menutup tahun 2019 dengan catatan manis. Bertepatan dengan perayaan 70 tahun motor produksi massal Honda, Honda Dream D-Type, Honda berhasil memproduksi 400 juta motor dalam waktu yang terbilang fantastis. Lalu negara mana yang paling banyak menyerap motor produksi tahunan motor Honda?

Saat pertama kali dibentuk pada tahun 1948, Honda memang tidak pernah menyangka bisa memproduksi motor dalam jumlah yang sangat besar.Bayangkan saja saat pertama kali membuat motor pertama mereka Honda Dream D-Type, pabrik Honda di Hamamasu, Jepang hanya bisa membuat 50 unit motor per bulannya.

Semuanya berubah ketika Honda mendapatkan insentif dari pemerintah Jepang dan mampu meningkatan produksi Honda Dream D-Type hingga 160-300 unit per bulan. Setelahnya Honda pun benar-benar berakselerasi kencang. Setelah 15 tahun Honda dibentuk, perusahaan motor asal Jepang itu langsung membuka pabrik motor pertama mereka di luar wilayah negeri matahari terbit itu.
Tidak berhenti di situ, 70 tahun setelahnya Honda justru mencetak rekor fantastis yakni berhasil memproduksi 400 juta unit motor hingga kini. Bayangkan pabrik motor yang biasanya membuat 160 unit motor perbulan bisa mencapai jumlah itu hanya dalam waku 70 tahun.

Akselerasi Honda meraih capaian itu juga luar biasa. Mereka berhasil memproduksi sebanyak 100 juta motor pada 1997. Satu dekade setelahnya mereka berhasil menggandakan jumlah produksi mencapai 200 juta unit pada 2008. Kemudian dalam waktu yang sangat singkat, pada 2014 mereka berhasil memproduksi sebanyak 300 juta unit motor.

Kini hanya butuh waktu lima tahun dari tahun 2014, mereka berhasil mencapai produksi 400 juta unit motor Honda. Akselerasi Honda dalam memproduksi motor memang luar biasa. Ambil contoh tahun fiskal tahun ini dimana Honda berasil memproduksi motor sebanyak 20,82 juta unit. Sebagian besar motor Honda terserap di kawasan Asia dimana India menjadi negara penyerap terbesar dengan persentase 28,2 persen atau sebanyak 5,88 juta unit.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia justru berada di posisi kedua dengan jumlah produksi mencapai 5,16 juta unit. Motor-motor Honda memang lebih banyak dibuat di kawasan Asia. Setelah India dan Indonesia, motor produksi Honda terdistribusi ke Vietnam, Thailand dan China yang berturut-turut menempati posisi ketiga, keempat dan kelima.

Meski demikian bukan berarti Honda hanya popular di kawasan Asia saja. Motor-motor Honda juga berhasil dibuat sebanyak 1,05 juta unit tahun ini di kawasan Amerika Latin. Hanya saja memang di kawasan Amerika Serikat, Australia dan Eropa jumlah penjualan Honda tidak sementereng di kawasan lainnya. Total dari kawasan itu Honda tahun ini hanya berhasil memproduksi sebanyak 620.000 motor Honda.

Tingginya produksi motor Honda terkait dengan kebijakan Honda yang selalu berupaya membangun pabrik di negara mereka berbisnis. Sejak pertama kali mereka membangun pabrik di luar Jepang, di Belgia tepatnya, pada tahun 1963 kini Honda udah memiliki 35 pabrik yang ada di 21 negara seperti Thailand, Indonesia, Nigeria, China, Vietnam dan lainnya.

Dari seluruh pabrik itu, tahun fiskal 2019, Honda berhasil memproduksi sebanyak 20,82 juta unit motor. Jadi diprediksi mereka hanya butuh waktu lima tahun ke depan untuk mencapai produksi 500 juta unit. Angka itu angka yang akan sulit disaingi oleh pabrikan motor lainnya.