Sun. May 31st, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Ini Makanan Awetan Berbahan Nabati dan Hewani untuk Stok di Rumah

2 min read

Jakarta –

Makanan yang bisa dijadikan sebagai stok ini adalah makanan yang memiliki masa simpan lama. Tidak hanya sarden, tetapi juga bisa menyimpan ikan asin yang enak disantap dengan sambal pedas.

Meskipun memiliki aroma yang cukup menyengat. Tapi soal rasa, makanan awetan berbahan hewani dan nabati ini enak lho.

Mengolah makanan awetan hewani ataupun nabati terbilang cukup mudah. Asalkan kreatif memadukan bumbu, sajian dari makanan awetan ini bisa disajikan nikmat.

Berikut beberapa makanan awetan hewani dan nabati:

1. Ikan Asin

Ikan asin merupakan awetan makanan berbahan dasar ikan. Dalam proses pengawetan ikan akan direndam garam dan penjemuran. Walaupun rasanya yang sangat asin, ikan asin ini menjadi lauk favorit di Indonesia.

Jenis ikan asin juga beragam. Ada ikan asin bulu ayam, ikan asin jambal, hingga ikan teri asin. Ikan asin enak disantap dengan lalapan, sambal atupun jadi lauk teman makan sayur asem.

2. Telur Asin

Telur asin biasanya menggunakan telur bebek. Dalam proses pengawetannya telur asin akan direndam dengan garam hingga matang. Telur asin aman untuk dikonsumsi langsung. Telur asin enak jadi teman makan soto ataupun rawon.

Makanan awetan berbahan hewani dan nabati.Makanan awetan berbahan hewani dan nabati. Foto: iStock

3. Udang Ebi

Produk makanan awetan berbahan hewani satu ini berbahan pokok udang yang dikeringkan. Untuk mengonsumsi udah ebi kamu perlu menggorengnya terlebih dahulu. Rasanya yang sedikit asin bisa kamu jadikan sebagai campuran sayur lodeh hingga sayur pedas.

4. Daging dan Ikan Asap

Daging asap atau Ikan asap adalah produk makanan awetan hewani yang pengolahannya dengan cara menempatkan bahan makanan di wadah lalu diasapi. Ikan asap enak disantap dengan bumbu berkuah santan.

Makanan awetan nabati dan hewani.Makanan awetan nabati dan hewani. Foto: Sudirman Wamad

5. Terasi

Terasi merupakan makanan awetan hewani berbahan dasar udang kering yang ditumbuk halus hingga berbentuk pasta. Terasi selain enak dijadikan sambal, juga enak dicampur dengan bumbu dalam tumisan sayur kangkung.

6. Sosis

Sosis terbuat dari daging ayam atau sapi yang digiling halus dan dicapur dengan bahan lainnya. Sosis juga bisa bertahan cukup lama untuk dikonsumsi. Sosis bisa dimasak hanya dengan digoreng atau dicampur ke dalam tumisan sayuran.

Makanan awetan berbahan nabati dan hewani.Makanan awetan berbahan nabati dan hewani. Foto: iStock

7. Kornet

Kornet yang terbuat dari campuran daging sapi ini bisa diolah menjadi berbagai macam sajian. Mulai dari campuran pasta, mi instan hingga telur.

8. Acar

Acar merupakan sebuah makanan awetan dari bahan nabati yakni berupa sayuran dan buah yang kemudian direndam ke dalam asam cuka. Biasanya digunakan sebagai tambahan dalam makanan lain seperti nasi goreng dan sate.

Makanan awetan berbahan hewani dan nabati.Makanan awetan berbahan hewani dan nabati. Foto: Thinkstock

9. Buah Kaleng

Buah seperti mangga, leci, apel dan nanas dapat diawetkan dengan dikalengkan dalam wadah kedap udara. Dengan dimasukkan kedalam kaleng kedap udara kuman tidak bisa masuk. Cairan yang berisi gula dan cuka juga mencegah perkembangan bakteri dan aktifitas enzim di buah sehingga bisa tahan lama.

Buah kaleng enak ditambahkan dengan es, dijadikan sebagai campuran sop buah.

10. Sayuran Beku

Jika berbelanja ke supermarket, kamu akan menemukan sayuran beku yang terdiri dari kacang polong, wortel dan jagung. Ini bisa dijadikan campuran mie hingga pendamping steak.

Baca juga !