Mon. Dec 9th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Italia Diguyur Badai Lebat, Venesia Pun Banjir

2 min read

Roma – Badai hujan lebat mengguyur melanda sejumlah daerah di Italia. Wilayah selatan dan Venesia jadi daerah terkena dampak paling parah.

Dilansir AFP, Rabu (13/11/2019), Lapangan Santo Markus di Venesia yang terkenal terendam air karena ‘acqua alta’ yang sangat kuat, atau tergenang imbas gelombang pasang. Ketinggian air di kota kanal itu diperkirakan mencapai 1,4 meter.

Alun-alun ini sangat dipengaruhi oleh pasang naik, karena terletak di salah satu bagian terendah kota. Ruang depan basilika juga dibanjiri air dan pihak berwenang berencana untuk mengawasi bangunan itu semalaman.

Anggota dewan Santo Markus, Pierpaolo Campostrini, mengatakan skala banjir pada Selasa (12/11) hanya terlihat lima kali dalam sejarah panjang basilika, tempat pembangunan dimulai pada 828 dan yang dibangun kembali setelah kebakaran pada 1063.

Yang paling mengkhawatirkan, menurutnya, tiga dari lima peristiwa itu terjadi dalam 20 tahun terakhir. Terakhir banjir cukup parah terjadi pada 2018. Pasang tertinggi yang tercatat di Venesia adalah pada tahun 1966, ketika air mencapai 1,9 meter.

Italia Diguyur Badai Lebat, Venesia Pun BanjirSejak tahun 2003, sebuah proyek infrastruktur besar-besaran telah dilakukan untuk melindungi kota itu. Tetapi proyek itu telah terganggu oleh pembengkakan biaya, skandal, dan penundaan. Rencananya akan ada pembangunan 78 gerbang mengambang untuk melindungi laguna Venesia selama air pasang.

Sementara itu, hujan deras membuat sekolah ditutup di beberapa kota selatan termasuk Taranto, Brindisi, dan Matera. Begitu pula di kota Sisilia Pozzallo dan Noto, menurut layanan cuaca nasional.

Italia Diguyur Badai Lebat, Venesia Pun BanjirFoto: AP Photo/Luca Bruno

Di Matera, Ibukota Kebudayaan Eropa tahun ini, tornado menyebabkan pohon dan tiang lampu jatuh, merusak banyak atap dan bangunan. Tidak ada cedera yang dilaporkan.

Curah hujan yang kuat terlihat di sepanjang pantai barat negara itu dari Tuscany ke wilayah selatan Campania, termasuk timur laut Sardinia.

Baca juga !