Sat. Dec 14th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Kualifikasi Piala Eropa: Inggris Hajar Kosovo 4-0

3 min read

Jakarta – Inggris menutup perjalanan di Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan kemenangan meyakinkan. Di markas Kosovo, tim ‘Tiga Singa’ menang telak 4-0.

Inggris bertandang ke Stadium Fadil Vokrri, Senin (18/11/2019) dini hari WIB dengan status sudah lolos ke putaran final. Sempat direpotkan Kosovo, tim besutan Gareth Southgate menunjukkan kelasnya.

Harry Winks memecah kebuntuan untuk Inggris di menit ke-32. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama tuntas.

Inggris yang tampil tenang kemudian mencetak tiga gol lain, dimulai dari Harry Kane pada menit ke-79. Marcus Rashford memperlebar selisih di empat menit berselang, lalu ditutup dengan gol Mason Mount di masa injury time.

Kane dkk mencatatkan total 13 percobaan, tujuh di antaranya on target dan berbuah empat gol. Sementara tuan rumah melepaskan 12 tembakan, tapi hanya tiga yang mengarah ke gawang.

Hasil ini memastikan Inggris jadi juara Grup A dengan 21 poin dari delapan laga, unggul enam poin dari Republik Ceko di posisi dua. Ceko sendiri di laga lain kalah dari Bulgaria dengan skor 0-1.

Kosovo tetap di posisi tiga dengan 11 poin, lima poin di depan Bulgaria. Keduanya lanjut ke play-off, sementara Montenegro berada di dasar klasemen dengan tiga poin.
Jalannya Pertandingan

Kosovo langsung menunjukkan agresivitas selepas kick-off. Valon Berisha menusuk dari kiri dan mengirim umpan silang yang ditanduk Atdhe Nuhiu. Nick Pope dalam posisi tepat untuk mengamankan bola.

Inggris mencoba menurunkan tempo dengan permainan umpannya. Di menit ke-15, Ben Chilwell melepaskan umpan silang yang dipantulkan Harry Kane ke Raheem Sterling. Sepakan Sterling masih bisa ditepik Arijanet Muric.

Dari sepak pojok, tuan rumah menebar ancaman. Umpan lambung Berisha disambar Amir Rrahmani tapi masih melebar saja dari gawang.

Callum Hudson-Odoi mencoba melepaskan tembakan dari depan kotak penalti di menit ke-31. Upayanya tepat mengarah ke kiper.

Semenit kemudian, Inggris mencetak gol. Alex Oxlade-Chamberlain meloloskan Harry Winks dengan umpan terobosannya. Gelandang Tottenham Hotspur itu kemudian melewati Rrahmani dan menaklukkan Muric.

Skor 1-0 untuk keunggulan Inggris bertahan sampai babak pertama selesai.

Kosovo langsung mengancam gawang Inggris di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-51. Dari sepak pojok, bola jatuh di kaki Berisha yang kemudian melepaskan sepakan. Bola membentur Rrahmani dan melesat tipis ke samping gawang.
Di menit ke-53, Rrahmani mendapatkan peluang saat dalam posisi bebas menerima umpan silang Florent Hadergjonaj. Tapi ia tak mampu menyundul dengan sempurna sehingga peluang terbuang.

Inggris nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-61. Chilwell mengakhiri kerja sama dengan Marcus Rashford dengan sepakan yang dihalau Muric. Bola pantulan diteruskan Sterling ke Kane, yang mana tembakannya mengenai tiang gawang!

Kosovo melepaskan kans menyamakan skor di menit ke-75. Dari serangan balik, Rashica kemudian memainkan umpan satu-dua dengan Halimi dan menghadapi gawang Inggris. Di saat yang sama Pope terpeleset, tapi masih ada Declan Rice yang menghentikan ancaman Kosovo.

Inggris merespons dengan sebuah gol empat menit kemudian. Sterling melewati Rashica di kanan lalu mengirim umpan silang yang gagal disapu dengan bersih oleh Fidan Aliti. Bola jatuh di kaki Kane yang menyambarnya dengan sepakan voli ke dalam gawang.

Inggris mencetak gol ketiga di menit ke-83. Sterling memimpi serangan balik lalu menyodorkan bola yang diselesaikan oleh Rashford dengan dingin.

Di masa injury time, Inggris menambah gol. Mason Mount menuntaskan sodoran Kane dengan tenang di hadapan kiper. Laga berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Inggris.

Susunan pemain:

Kosovo: Arijanet Muric; Mergim Vojvoda, Amir Rrahmani, Fidan Aliti, Benjamin Kolloli; Bersant Celina, Ibrahim Dresevic, Valon Berisha (B Halimi 65′); Florent Hadergjonaj (E Zegrova 73′), Atdhe Nuhiu (Elbashan Rashani 82′), Milot Rashica

Inggris: Nick Pope; Trent Alexander-Arnold (Fikayo Tomori 84′), Harry Maguire, Tyrone Mings, Ben Chilwell; Harry Winks, Declan Rice, Alex Oxlade-Chamberlain (Mason Mount 72′); Callum Hudson-Odoi (Marcus Rashford 59′), Harry Kane, Raheem Sterling