Wed. Jan 20th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Menakar Nyali Pemerintah Bongkar Jaringan Internasional Dalang Rusuh Papua

1 min read

JAKARTA – Pengamat pertahanan dan intelijen, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati meminta aparat kepolisian dan TNI untuk berani membongkar sindikat internasional yang menunggangi kerusuhan di Papua.

Sebab, tak dapat dipungkiri bila wilayah paling ujung timur Indonesia itu penuh pesona sehingga wajar jika menarik minat banyak negara.

“Jaringan internasional yang terlibat konflik Papua harus segera dibongkar, demikian pula bila ada kekuatan politik tertentu di dalam negeri yang andil dalam konflik,” kata wanita yang karib dipanggil Nuning itu kepada Okezone di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Sebelumnya, Polri menyatakan bahwa tokoh separatis Papua, Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda menjadi salah satu pihak asing yang “bermain” sebagai provokator di balik kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Aksi Demo Warga Papua

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan, selain Benny terdapat pula pihak asing lainnya yang ikut untuk mencoba memperkeruh suasana di bumi cenderawasih tersebut.

“Kemudian ada beberapa juga yang kami identifikasi keterlibatan warga negara asing di beberapa negara,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, kemarin.

Menurut dia, Benny tak mungkin dapat bergerak seorang diri menggerakkan massa untuk melakukan pemberontakan. Ia menduga adanya pergerakan sistematis yang menginginkan Papua lepas dari bumi pertiwi.

“Menurut saya Benny Wenda tidak bisa begitu kuat tanpa ada support dari pihak tertentu yang punya kepentingan di Papua. Ini harus segera dibongkar,” ujarnya.

Baca juga !