Sat. Feb 27th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Nyaman dan Efisien, Suzuki All New Ertiga Tembus 33,45 Km/Liter

3 min read

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales mengajak media nasional termasuk SINDOnews.com untuk menguji keiritan Ertiga dalam acara “All News Ertiga Tripventure”. Kenyamanan dan efisiensi bahan bakar menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih mobil untuk keluarga.

Pasalnya, konsumen bakal memboyong keluarga tercintanya dalam berkendara ke sejumlah tempat yang dikehendakinya. Dalam tes irit Ertiga dari Pabrik Suzuki di Cikarang menuju Keraton Cirebon sekitar 184 Km mengambil metode konsumsi bahan bakar full to full.

Dalam acara All New Ertiga Tripventure ini juga digelar lomba foto, video dengan latar Keraton Kasepuhan Cirebon dan tak ketinggalan lomba irit Ertiga yang berakhir di Keraton Kasepuhan Cirebon.
Setelah menempuh jarak ratusan kilometer itu, kategori mobil manual dinobatkan sebagai pemenang pertama diraih kendaraan Suzuki Ertiga nomor lima dengan waktu tempuh 3 jam 23 menit. Konsumsi bahan bakar yang dibukukan jurnalis 33,45 km per jam atau 5,5 liter.

Sementara kategori Ertiga transmisi otomatis direbut kendaraan nomor empat yang beranggotakan empat orang. Mobil ini menempuh waktu tempuh 2 jam 54 menit dengan konsumsi bahan bakar 29,67 km per liter atau 6,2 liter.

Perjalanan All New Ertiga Tripventure dilanjutkan berkunjung ke Kampung Batik Trusmi, sebuah pusat industri batik di Cirebon. Kegiatan diakhiri perjalanan menuju di Rest Area km 62 Jakarta-Cikampek.

Pada kesempatan tersebut jurnalis berkesempatan mengeksplor kenyamanan dan ketangguhan Ertiga. Selama perjalanan, mobil ini memiliki kekedapan suara cukup baik, interior mewah di kelasnya dengan ruang penumpang cukup luas.

Untuk performa, mesin Ertiga sangat bertenaga di kelasnya. Ertiga juga tetap stabil walau dipacu pada kecepatan 140 km per jam dengan jumlah penumpang empat orang dewasa.

Sekadar diketahui, perjalanan All New Ertiga Tripventure dimulai dari Pabrik Suzuki Cikarang. Sebelum berangkat, rekan-rekan media berkesempatan berkeliling pabrik dan mengikuti workshop Eco Driving. Pada workshop tersebut, Suzuki berbagi tips dan trik tentang cara berkendara yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

Berkendara dengan metode Eco Driving dapat dilakukan oleh seluruh pengendara untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Untuk mengefisiensikan bahan bakar, pengendara perlu melakukan beberapa hal seperti menjaga kecepatan agar tetap konstan dan mengurangi akselerasi dan deselerasi, menggunakan Air Conditioner (AC) secara tepat, memerhatikan tekanan udara pada ban, memanaskan mesin dengan tepat, tidak membiarkan mesin menyala pada kondisi diam (idle) dengan waktu yang lama, serta tidak membawa beban yang melebihi daya angkut kendaraan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pelepasan peserta All New Ertiga Tripventure menuju Cirebon dengan mengendarai delapan unit All New Ertiga, yang terdiri dari empat unit All New Ertiga bertransmisi manual dan empat unit All New Ertiga bertransmisi otomatis. Pada perjalanan ini, Suzuki mengadakan Lomba Ertiga Irit dimana peserta ditantang untuk mengendarai All New Ertiga, yang bermesin K15B DOHC 1.500 cc, dengan metode Eco Driving untuk mengukur ketepatan waktu dan efisiensi bahan bakar, namun tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Tujuan wisata pertama yang dikunjungi oleh peserta All New Ertiga Tripventure adalah Marina Seafood Restaurant, Cirebon. Untuk menuju destinasi ini, peserta All New Ertiga Tripventure melalui jalur tol Palimanan dengan jarak perjalanan sejauh 172 km.

Setelah menikmati hidangan laut khas Cirebon, perjalanan All New Ertiga Tripventure serta Lomba Ertiga Irit berlanjut ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan merupakan keraton termegah di Cirebon yang kental akan nilai sejarah. Di sini, peserta berkesempatan mengeksplorasi tampilan All New Ertiga yang premium dan stylish dalam lomba foto dan video dengan latar Keraton Kasepuhan Cirebon.

Lomba Ertiga Irit berakhir di Keraton Kasepuhan. Setelah menempuh perjalanan dari Cikarang hingga Keraton Kasepuhan sejauh 184 km, konsumsi bahan bakar kedelapan mobil peserta All New Ertiga Tripventure dinilai dengan metode full to full. Mobil dengan angka konsumsi bahan bakar paling rendah dinobatkan menjadi juara Lomba Ertiga Irit.

Sebelum mengakhiri perjalanan All New Ertiga Tripventure, peserta berkesempatan untuk berkunjung dan berbelanja di Kampung Batik Trusmi, sebuah pusat industri batik di Cirebon. Batik Cirebon merupakan salah satu ikon batik yang berhasil menjadi koleksi kain nasional.

Batik Cirebon memiliki beberapa desain batik Cirebonan Klasik yang hingga kini masih dikerjakan oleh pengrajin di Kampung Batik Trusmi, seperti Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran Kangkung, dan berbagai desain Batik Cirebon lainnya. All New Ertiga Tripventure berakhir dengan kembali berkendara menggunakan All New Ertiga menuju Jakarta.