Mon. Mar 8th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Perwakilan Michelin Jawab Keluhan Crutchlow soal Ban

2 min read

MISANO – Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, kembali mengeluhkan soal performa ban Michelin ketika mentas di MotoGP Inggris 2019. Menurutnya, problem tersebut sama seperti yang dialaminya di seri Italia beberapa waktu lalu sehingga tertinggal 19 detik dari sang pemenang di Sirkuit Silverstone.

Ban yang dipakai Cal Crutchlow pada balapan di Inggris ternyata kehilangan daya cengkeram lebih cepat dari perkiraan. Akibatnya, pembalap berusia 33 tahun itu gagal melaju dengan cepat di Sirkuit Silverstone, meski mendapat hasil lumayan, yakni finis keenam.

Cal Crutchlow mengeluhkan performa ban Michelin (Foto: MotoGP)

Manajer Balap Roda Dua Michelin, Piero Taramasso, membantah kalau kejadian tersebut hanya menimpa Cal Crutchlow seorang. Para pembalap lain seperti Marc Marquez dan Alex Rins juga mengalami hal yang sama, tetapi bisa finis lebih baik.

“Kami belum memiliki data dan tidak melihat adanya masalah dengan ban. Crutchlow bilang masalahnya sama seperti di Mugello, tetapi tidak demikian. Di Italia, bannya terkelupas dan kami tidak tahu penyebabnya, sementara di Inggris dengan suhu panas dan aspal baru, lintasan jadi sangat licin,” ujar Piero Taramasso, melansir dari Corse di Moto, Jumat (30/8/2019).

“Hasilnya ban menjadi lebih sering selip dan hasil putaran membuat suhu ban menjadi cepat panas sehingga kehilangan daya cengkeram. Suhu yang terlalu panas beserta lecet pada ban, menyebabkan terjadinya lubang-lubang kecil, dan mengurangi performa ban. Semua pembalap mengalaminya, termasuk Marquez, Rins, dan Valentino Rossi,” sambung pria berkebangsaan Italia itu.

Piero Taramasso menjawab keluhan Cal Crutchlow (Foto: MotoGP)

Usai balapan di Inggris pekan lalu, para pembalap MotoGP berkesempatan menjajal ban baru Michelin yang dibawa pada tes di Sirkuit Misano, San Marino, 29-30 Agustus 2019. Setelah itu, semua kru akan libur selama tiga pekan sebelum balapan berikut di MotoGP San Marino, 25 September mendatang.