Fri. Apr 3rd, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Polri Ancam Pidanakan Pihak yang Sengaja Sembunyikan Nurhadi

2 min read

JAKARTA – Mabes Polri mengancam akan mempidanakan siapa saja pihak-pihak yang nantinya terbukti telah menyembunyikan buronan tersangka kasus dugaan suap eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi.

Nurhadi resmi jadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap dan gratifikasi perkara di MA tahun 2011-2016. Selain Nurhadi, KPK juga buru menantunya Rezky Herbiyono dan Hiendra Soenjoto.

“Pasal 221 KUHP yang mengatur tentang keturutsertaan,” ucap Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra di Jakarta, Rabu 19 Februari 2020.

Selain itu, Asep menyebut bahwa, seluruh pihak dipersilakan memberikan informasi mengenai keberadaan Nurhadi.

“Semua pihak dapat membantu kehadirannya saudara Nurhadi. Demikian juga termasuk pendamping hukum dan keluarga,” ujar Asep.

Direktur Eksekutif Lokataru Foundation, Haris Azhar sebelumnya mendapatkan informasi bahwa mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiono, ada di salah satu apartemen mewah di wilayah Jakarta. Nurhadi dan Rezky, sambung Haris, dikawal dengan pengamanan super ketat di apartemen tersebut.

Hal itu diungkapkan Haris saat mendampingi saksi, Paulus Welly Afandy untuk diperiksa penyidik KPK terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menyeret Nurhadi dan menantunya. Haris merupakan kuasa hukum salah satu pelapor dalam perkara ini (whistleblower).

Haris Azhar

 

“Kalau informasi yang saya coba kumpulkan, maksudnya bukan informasi yang resmi dikeluarkan KPK ya, KPK sendiri tahu bahwa Nurhadi dan menantunya itu ada di mana. Di tempat tinggalnya di salah satu apartemen mewah di Jakarta,” kata Haris di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Penyidik KPK telah lima kali memanggil Nurhadi. Tiga kali Nurhadi dipanggil sebagai saksi. Sementara dua panggilan lainnya, sebagai tersangka. Namun Nurhadi selalu mangkir tanpa keterangan.

Baca juga !