Thu. Sep 24th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Saat Pemakzulan Sampai di Senat AS, Donald Trump Mendarat di Swiss

2 min read

Davos –

Helikopter Marinir Trump mendarat di resor ski Davos, Swiss, yang indah tak lama sebelum pidatonya yang dijadwalkan di Forum Ekonomi Dunia, yang tahun ini berfokus pada perubahan iklim.

Dia juga dijadwalkan bertemu secara terpisah dengan Presiden Irak, Perdana Menteri Pakistan dan Kepala Badan Eksekutif Uni Eropa.

Sementara itu di Washington, proses pemakzulan (impeachment) Trump memasuki fase baru di Senat dengan legislator memperdebatkan format persidangan. Karena meskipun partai Republik menguasai mayoritas di Senat, hampir pasti Trump akan dibebaskan dari berbagai tuduhan untuk pemakzulannya.

Donald Trump dijadwalkan kembali ke Gedung Putih pada hari Rabu (22/1).

Bertemu kalangan bisnis dan politik

Gedung Putih belum menyebut nama para pemimpin bisnis yang akan ditemui Donald Trump. Namun dia dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Irak, Pakistan, Swiss dan wilayah Kurdi yang otonom di Irak, kata Gedung Putih.

Trump juga akan melakukan pertemuan pertamanya dengan presiden Komisi Eropa yang baru, Ursula von der Leyen, perempuan pertama yang mengisi jabatan itu.

Pengamat politik dari Center for Strategic and International Studies, Matt Goodman mengatakan, pertemuan itu bisa menjadi yang paling penting, mengingatnya ketidaksepakatan Trump dengan Eropa mengenai pajak dan kebijakan perdagangan, seperti pungutan digital yang diterapkan Prancis yang akan memaksa raksasa teknologi Amerika seperti Amazon dan Google untuk membayar pajak.

Dia meramalkan tahun-tahun yang sulit adalam hubungan AS-Uni Eropa di masa mendatang.

Sengketa perdagangan dengan Eropa

Donald Trump telah mengumumkan rencana untuk mengenakan tarif impor sebagai langkah balasan terhadap produk-produk Prancis seperti anggur, keju dan kosmetika.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, setelah berbicara dengan Trump hari Senin (20/01/20), mengatakan bahwa mereka memiliki “diskusi luas” tentang pajak digital dan “akan bekerja sama pada kesepakatan yang baik untuk menghindari kenaikan tarif.”

AS juga mengancam akan mengenakan tarif balasan atas pesawat terbang dari Eropa dan beberapa produk lainnya senilai 7,5 miliar dolar AS dan menuduh perusahaan penerbangan Eropa Airbus telah menerima subsidi. Airbus adalah pesaing terbesar Boeing, yang saat ini sedang mengalami masalah bisnis dengan model terlarisnya, Max 737.

Trump juga mengancam akan menerapkan tarif impor tambahan atas mobil-mobil Jerman, seperti BMW dan Mercedes-Benz.

Baca juga !