Sat. Feb 29th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Samsung Kembangkan Fitur Mirip AirDrop-nya Apple

2 min read

Jakarta –

Samsung dikabarkan sedang mengembangkan fitur bernama Quick Share. Fitur ini nantinya berguna untuk memudahkan transfer file antar ponsel Samsung, mirip seperti fitur AirDrop yang dikembangkan Apple.

Fitur ini pertama kali dilihat oleh situs teknologi XDA Developer. Dilansir detikINET dari Cnet, Jumat (24/1/2020) fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto, video, dan file lainnya antar sesama ponsel Samsung.

XDA Developers berhasil mendapatkan APK fitur ini dan menjajalnya di beberapa ponsel Samsung. Sayangnya mereka tidak berhasil mengirimkan data menggunakan ponsel-ponsel tersebut, kemungkinan besar karena ponsel-ponsel itu tidak mendukung fitur Quick Share.

Cara kerja Quick Share sendiri sama dengan layanan berbagi data jarak dekat lainnya. Jika kalian sedang dekat dengan pengguna lain yang memiliki ponsel yang kompatibel dengan Quick Share, nama mereka akan muncul dan kalian bisa mengirimkan foto, video atau file lainnya.

Akan ada dua pilihan untuk berbagi data. Pertama ada ‘Contacts-only’ yang memungkinkan kalian untuk berbagi data dengan pengguna Samsung Social lainnya yang ada di kontak kalian.

Opsi kedua adalah ‘Everyone’ yang memungkinkan kalian untuk mengirim dan menerima file dari siapa saja yang memiliki perangkat yang didukung dan berada dekat dengan kalian.

Walau terdengar mirip seperti AirDrop, Quick Share memiliki satu perbedaan yaitu disediakannya dukungan cloud. Quick Share memungkinkan kalian untuk mengunggah file ke Samsung Cloud

File ini kemudian bisa di-stream ke perangkat Samsung Smart Things dan diunduh secara lokal. Ukuran file yang bisa diunggah maksimal 1GB dan batas pengiriman dalam sehari adalah 2GB.

XDA Developers memprediksi fitur ini akan dikenalkan bersama lini Samsung Galaxy S20 pada akhir Februari mendatang. Mereka mengatakan APK fitur ini berasal dari sumber mereka yang memiliki Galaxy S20+ 5G.

Fitur ini diperkirakan akan meluncur sebagai bagian dari perangkat yang telah mengusung One UI 2.1 dan setelahnya. Kemungkinan besar fitur ini juga akan tersedia untuk ponsel lawas Samsung yang akan disediakan lewat software update.

Samsung bukan vendor pertama yang mengembangkan alternatif dari AirDrop. Baru-baru ini, Oppo, Vivo dan Xiaomi membentuk aliansi untuk mengembangkan layanan berbagai file antar platform tanpa koneksi internet.