Sat. Feb 27th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Sehari Usai Bentrok, Eks Presiden Kyrgyzstan Atambayev Menyerahkan Diri

2 min read

Bishkek – Eks Presiden Kirgistan, Almazbek Atambayev, menyerahkan diri kepada pasukan keamanan di kompleks kediamannya di luar ibu kota Bishkek. Sehari sebelumnya, terjadi bentrokan hebat yang menewaskan seorang anggota saat pasukan hendak menahan Atambayev.

Dilansir Reuters, Jumat (9/8/2019), Atambayev menyerahkan diri pada Kamis (8/8). Sebuah video yang di-posting pendukung Atambayev menunjukkan petugas mengusir beberapa mobil dari rumah Atambayev. Salah satu pembantu Atambayev di dalam mobil tersebut mengatakan sedang menuju Kementerian Dalam Negeri.

Presiden Kirgistan, Sooronbai Jeenbekov, mengatakan Atambayev awalnya ingin diinterogasi sebagai saksi dalam penyelidikan sebuah kasus korupsi. Namun kini dicari karena “kejahatan berat” setelah bentrokan besar sehari sebelumnya.

Pihak berwenang mengatakan pada bentrokan tersebut ada seorang anggota keamanan tewas dan enam lainnya ditahan pendukung Atambayev.

Jeenbekov memerintahkan “langkah-langkah mendesak” yang tidak ditentukan pada hari Kamis untuk menjaga supremasi hukum.

Atambayev berperan membantu Jeenbekov berkuasa pada 2017 tetapi hubungannya kemudian memburuk. Atambayev mengatakan tuduhan korupsi terhadapnya bermotivasi politik.

Pendukung eks Presiden Kirgistan, Almazbek Atambayev melakukan perlawanan terhadap upaya petugas menahan AtambayevPendukung eks Presiden Kirgistan, Almazbek Atambayev melakukan perlawanan terhadap upaya petugas menahan Atambayev (Foto: REUTERS/Stringer)

Atambayev dan para pendukungnya pada awalnya mengumumkan rencana pada hari Kamis (8/8) untuk berkumpul di Bishkek dan berbaris menuju gedung yang menampung baik parlemen dan kantor presiden. Tetapi Atambayev tidak muncul dan tetap bersembunyi di sebuah desa dekat Bishkek.

Media lokal melaporkan suara tembakan dan granat kejut meledak di lokasi itu ketika pasukan keamanan melancarkan serangan kedua pada hari Kamis.

Sebuah video yang di-posting oleh situs web berita Kaktus.media menunjukkan Wakil Menteri Dalam Negeri Kursan Asanov mengenakan rompi anti peluru untuk bernegosiasi ketentuan penyerahan diri Atambayev. Asanov dapat terdengar menawarkan untuk membiarkan Atambayev membawa pengawalnya bersamanya di dalam mobil keluar dari kompleks.

Pengacara Atambayev, Sergei Slesarev, mengatakan kepada Reuters kliennya sekarang dalam tahanan dan kasusnya akan diselidiki oleh polisi.

Parlemen mencabut kekebalan hukum Atambayev dari penuntutan pada Juni, menuduhnya korupsi.

“Sayangnya, pihak berwenang belum mendengarkan panggilan saya untuk bertindak secara hukum,” kata Atambayev dalam alamat video yang di-posting online.

Kirgistan secara politik tidak stabil: presiden digulingkan oleh pemberontakan pada 2005 dan 2010. Atambayev, yang ambil bagian dalam kedua pemberontakan, membantu memastikan suksesi yang lancar dan berharap untuk mempertahankan pengaruh dengan menempatkan Jeenbekov yang saat itu sekutu sebagai penerus pada 2017. Namun dalam beberapa bulan, Jeenbekov membersihkan loyalis Atambayev dari kabinet.

Akhir bulan lalu, Atambayev mengunjungi Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin menyatakan dukungan untuk Jeenbekov dalam sebuah pernyataan yang dibuat setelah pertemuan.

Mengindikasikan pihaknya memperkirakan situasi akan stabil, pemerintah Kirgistan terus maju dengan rencana untuk menjadi tuan rumah pertemuan perdana menteri dari beberapa negara bekas Soviet termasuk Rusia pada hari Jumat (9/8). Dikabarkan Perdana Menteri Kazakstan Askar Mamin telah tiba di kota resor Cholpon-Ata.

Baca juga !