Mon. Mar 8th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Senam Kegel: Manfaat dan Cara Melakukannya

2 min read

Jakarta – Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan otot panggul bawah menurun kekuatannya. Senam kegel dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut. Bagaimana caranya?

Senam kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk membantu mengencangkan otot di panggul bagian bawah. Senam kegel berfungsi untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Rutin melakukan senam ini akan dapat merasakan perubahan dan manfaatnya. Otot dasar panggul terletak di area organ intim laki-laki dan perempuan. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan setelah rutin melakukan senam kegel:

Manfaat senam kegel.Manfaat senam kegel. Foto: iStock

Manfaat senam kegel untuk wanita:

1. Manfaat senam kegel setelah melahirkan adalah merapatkan vagina pasca persalinan normal.

2. Mempercepat pemulihan vagina setelah episiotomi (menggunting vagina setelah melahirkan).

3. Mengencangkan vagina yang sudah mengendur, misalnya pada saat wanita memasuki usia menopause.

4. Membantu mengatasi wasir (ambeien), terutama setelah melahirkan lewat vagina. Senam kegel dapat membantu lancarkan peredaran darah menuju dubur dan vagina.

Manfaat senam kegel untuk pria:

1. Mencegah dan mengatasi ejakulasi dini. Menurut penelitian dalam International Journal of Andrology, melakukan senam kegel selama kurang lebih 12 minggu dapat membantu lebih dari 50 persen pria dengan masalah ejakulasi dini untuk menunda orgasme dini sehingga ketika berhubungan seksual dirasa lebih memuaskan.

2. Melancarkan peredaran darah. Sehingga penis dapat ereksi lebih kuat saat berhubungan seksual.

3. Menjaga kesehatan prostat pria. Karena senam kegel sangat baik untuk melatih otot-otot di sekitar prostat sehingga mampu menyangga berbagai organ reproduksi pria dengan optimal.

Cara melakukan senam kegel.Cara melakukan senam kegel. Foto: iStock

Cara melakukan senam kegel:

Senam kegel dapat dilakukan dalam berbagai posisi sambil melakukan aktivitas yang lain. Namun, untuk pemula bisa melakukan senam ini sambil berbaring. Senam kegel bisa mengatasi peranakan turun dan bermanfaat untuk penderita wasir.

– Pertama ketahui dulu mana bagian yang disebut dengan otot panggul bawah. Kalau belum tahu caranya, kamu bisa mencoba menahan saat ingin buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut dengan otot panggul bawah.

– Kosongkan kantung kemih. Ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul bawah dan tahan 5 detik, kemudian lepaskan lagi. Ulangi 4-5 kali kemudian tingkatkan durasinya dari 5 ke 10 detik.

– Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong. Tetaplah bernapas dengan rileks.

– Ulangi gerakan ini tiga kali dalam sehari dengan hitungan pengulangan sebanyak 3×10 kali. Namun jangan melakukan gerakan ini untuk menahan buang air kecil ya, karena justru dapat melemahkan otot panggul serta bisa menimbulkan risiko infeksi saluran kencing.