Sat. Dec 14th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Sering Alami Kulit Kering, Kapan Perlu Periksa ke Dokter?

2 min read

Musim hujan rentan menyebabkan kulit kering karena kelembapan berkurang. Biasanya, kulit kering tidak perlu mendapatkan perawatan khusus.

Kulit kering biasanya bisa diatasi dengan penggunaan pelembap. Namun pada beberapa kasus, kulit kering bisa menyebabkan gatal dan memerah.

“Waspadai kemungkinan kulit kering sebagai tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan krim atau salep yang dapat membantu mengatasi keluhan pada kulit, dan menangani penyebab utamanya, apabila ada,” dilansir dari siaran pers Alodokter.

Selain mengganggu penampilan, kulit wajah kering dapat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena itu, penting untuk melakukan perawatan kulit wajah kering dengan cermat.

Pastikan Anda minum air putih yang cukup dan mengonsumsi banyak buah serta sayur-sayuran, juga menghindari kebiasaan merokok yang dapat berdampak pada kulit. Terapkan pola hidup sehat untuk membantu menjaga kondisi kulit yang sehat.

Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari kulit kering? Ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Basuh wajah dengan air biasa
Hindari penggunaan air panas karena dapat memperburuk kondisi kulit yang kering. Saat mandi, sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit.

2. Cermat memilih pembersih wajah
Gunakan produk yang lembut dan tanpa tambahan pengharum, tujuannya adalah agar kulit Anda terhindar dari iritasi kulit yang dapat menyebabkan kulit semakin kering.

3. Segera pakai pelembap setelah mencuci wajah
Lebih baik memilih pelembap dalam bentuk krim atau salep untuk wajah kering, dibandingkan bentuk lotion.

4. Pilih pelembap yang mengandung minyak alami
Misalnya, pelembap dengan minyak zaitun atau minyak jojoba. Selain itu, bahan lain yang juga dapat membantu kulit kering adalah lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

Baca juga !