Tue. Mar 2nd, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Tantri Kotak Terinfeksi Toksoplasma saat Hamil, Begini Cara Menghindarinya!

1 min read

 Saat ini Tantri Syalindri atau yang dikenal Tantri Kotak sedang hamil anak kedua. Kehamilan tersebut sudah memasuki usia 13 minggu atau 3 bulan.

Tantri Kotak pun sempat merasakan kesedihan di kehamilan keduanya. Pasalnya, dia didiagnosis terinfeksi toksoplasma di awal kehamilan anak kedua.

Tentu saja diagnosis toksoplasma itu membuat Tantri Kotak terkejut dan sedih. Apalagi infeksi toksoplasma bisa membahayakan nyawa calon bayinya.

Infeksi yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondii ini bisa menyebabkan keguguran, kelahiran mati atau kerusakan pada otak bayi dan organ tubuh lainnya, terutama mata.

Meski begitu ada pengobatan dan pencegahan agar infeksi toksoplasma tidak berdampak buruk pada bayi dan ibu. Melansir dari webmd, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh, seperti menjalani sejumlah tes medis rutin hingga konsumsi antibiotik.

Tantri Kotak terinfeksi toksoplasma di awal kehamilan keduanya (Instagram/@tantrisyalindri)
Tantri Kotak terinfeksi toksoplasma di awal kehamilan keduanya (Instagram/@tantrisyalindri)

Adapun langkah yang harus dilakukan setiap wanita jika tidak ingin terinfeksi toksoplasma selama kehamilan seperti Tantri Kotak, antara lain:

1. Selalu kenakan sarung tangan dan mencuci tangan setelah bekerja di luar ruangan maupun saat membersihkan kotoran hewan.

2. Jika Anda memelihara kucing atau hewan apapun, minta seseorang untuk membersihkan kotorannya.

3. Cuci semua peralatan dapur menggunakan air hangat dan sabun sampai bersih setelah digunakan untuk menaruh daging mentah.

Tantri Kotak Terinfeksi Toksoplasma saat Hamil, Begini Cara Menghindarinya! - 2
Mencuci buah. (Shutterstock)

4. Cuci buah dan sayur sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

5. Hindari minuman dari susu kambing dan telur mentah.

6. Konsumsi makanan yang sudah matang sempurna, terutama jika mengonsumsi daging.