Tue. Mar 2nd, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Trump Bantah Ingin Tembak Badai dengan Bom Nuklir

2 min read

Jakarta,  Presiden Amerika Serikat Donald Trump membantah laporan yang menyebut dia ingin menembak badai dengan bom nuklir.

Dikutip AFP, wacana Trump soal menjatuhkan bom nuklir dengan badai itu ditulis oleh situs berita Axios. Namun Trump menyebutnya “konyol”.
Selama briefing, Trump disebut bertanya soal kemungkinan untuk menghalau topan sebelum mereka terbentuk di lepas pantai Afrika dengan menjatuhkan bom nuklir di mata badai.

Menurut sebuah sumber, situs web berita mengatakan para peserta meninggalkan pengarahan sambil berpikir keras mengenai ide itu.

Tetapi Trump menampiknya dan menyebut itu “berita palsu.”

“Tulisan Axios bahwa Presiden Trump ingin menembak badai dengan senjata nuklir sebelum mencapai pantai adalah konyol. Saya tidak pernah mengatakan ini,” kata Trump lewat akun Twitter.

Gedung Putih menolak mengomentari laporan itu sebelumnya, tetapi Axiosmengutip seorang pejabat senior administrasi yang mengatakan “tujuan Trump tidak buruk.”

Axios mengatakan ini bukan kali pertama Trump mengajukan usul semacam itu. Pada 2017, Trump bertanya kepada pejabat senior apakah pemerintah harus mengebom badai untuk mencegah mereka mendarat. Namun saat itu dia tidak merinci jenis bom nuklir yang akan digunakan.

Gagasan Trump tersebut bukanlah hal baru. Saran ini pernah dilontarkan seorang ilmuwan di era pemerintahan Presiden Dwight Eisenhower pada tahun 1950-an.

Ide itu terus dibahas, meski para ilmuwan meyakini tidak akan berhasil. Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) bahkan memiliki halaman khusus yang membahas konsep ini.

“Selama setiap musim badai, selalu muncul saran bahwa seseorang harus menggunakan senjata nuklir untuk mencoba dan menghancurkan badai,” kata NOAA.

Akan tetapi, kata NOAA, bom nuklir tidak akan menghancurkan badai. Justru akan menerbangkan radioaktif ke sekitarnya.

“Tak perlu dikatakan lagi, ini bukan ide yang baik,” kata NOAA.

AS memang kerap diterjang badai. Pada 2017 badai Harvey menghantam Texas. Harvey disebut badai terkuat yang mendarat dalam 12 tahun terakhir.

Sejumlah orang dilaporkan tewas dan puluhan ribu orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka akibat banjir yang dipicu badai ini.

Baca juga !