Thu. Sep 24th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Waktu Penyampaian Argumen Sidang Pemakzulan Trump Diputuskan 3 Hari

1 min read

Washington DC – Perubahan penting dibuat Pemimpin Mayoritas Senat Amerika Serikat (AS), Mitch McConnell terhadap aturan sidang pemakzulan Presiden Donald Trump. Semula McConnell mematok waktu argumen pembukaan pemakzulan dua hari. Kemudian, karena tekanan kubu Demokrat pro-pemakzulan, McConnelll mengubah waktu argumen pembukaan pemakzulan menjadi dua hari.

Dilansir CNN, Selasa (22/1/2020), keputusan tentang resolusi aturan sidang pemakzulan Trump di Senat AS ini dinyatakan McConnell beberap saat jelang dimulainya sidang di Gedung Capitol, Capitol Hill, Washington DC, Senin (21/1) waktu setempat.

Politikus Republikan yang juga sebagai kepala komite intelijen DPR AS, Adam Schiff, tampil menjadi pengritik resolusi McConnell. Dia tidak setuju bila waktu argumen pembukaan pemakzulan terlalu singkat.

“Resolusi ini harus memungkinkan para manajer DPR untuk memanggil para saksi mata, dan kemudian Presiden juga harus diperbolehkan untuk melakukan hal yang sama, bila ada saksi yang menyanggah,” kata Adam Schiff.

Dengan diubahnya aturan resolusi ini, maka masing-masing kubu (baik pro-pemakzulan maupun anti-pemakzulan Trump) punya waktu tiga hari untuk mengajukan argumen pembuka. Tiap harinya dihitung 8 jam.

Ada aturan lain pula yang diubah McConnell. Semula, bukti yang diajukan DPR tak akan diakui tanpa voting. Sekarang, bukti yang diajukan akan diakui, kecuali ada voting yang menentang bukti itu.

Baca juga !