Wed. Sep 30th, 2020

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Warga 3 Provinsi Mengungsi Akibat Erupsi Gunung Taal

1 min read

Gunung Taal yang masih memuntahkan lava panas hingga kini tercatat lebih dari 50 ribu orang mengungsi.

Kantor berita Filipina (PNA) mencatat lebih dari 50 ribu keluarga atau sekitar 203.763 orang yang berada di tiga provinsi. Provinsi yang terimbas termasuk Batangas, Cavite, dan Laguna.

Badan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional (NDRRMC) mengatakan sekitar 26.767 keluarga atau sekitar 104.377 orang telah menempati sekitar 408 titik evakuasi yang dibangun pemerintah. Sementara sekitar 17.391 keluarga atau 69.755 orang berada di area lain.

Pemerintah menyatakan provinsi Batangas dan Cavite merupakan provinsi yang terdampak paling parah. Penduduk di kedua provinsi tersebut hingga kini masih berupaya menyelamatkan diri dari ancaman erupsi gunung Taal.

Sepekan setelah erupsi, Direktur Institut Vulkanologi dan Seismologi (Phivolcs) Renato Solidum Jr mengingatkan perlunya evakuasi total di zona berbahaya. Gunung Taal hingga Senin (20/1) tercatat masih berada di level 4 (berbahaya dan letusan eksplosif kemungkinan bisa terjadi dalam beberapa jam atau hari ke depan.

“Sebagai pengingat bahwa evakuasi total sebaiknya dilakukan oleh mereka yang berada di area berisiko tinggi dengan radius 14 kilometer dari kawah utama gunung Taal dan di sepanjang sungai Pansipit,” ungkap Solidum Jr seperti mengutip Anadolu.

Baca juga !