Mon. Dec 16th, 2019

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Warga Tewas Saat Demo BBM di Iran Sampai Setahun Rompi Kuning

2 min read

Jakarta,  Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Minggu (17/11) kemarin. Mulai dari demonstrasi tolak kenaikan harga BBM di Iran menewaskan warga sampai bentrok Rompi Kuning di Prancis. Semua dirangkum CNNIndonesia.com dalam kilas internasional.

1. Unjuk Rasa Kenaikan BBM di Iran, 1 Tewas

Satu orang warga tewas dan beberapa lainnya terluka dalam aksi unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah wilayah di Iran.

Seperti dilansir AFP, korban tewas itu berada di kota Sirjan, di mana pengunjuk rasa mencoba mengambil alih depot BBM tetapi diadang petugas keamanan.

Selain di Sirjan, aksi unjuk rasa menolak kenaikan BBM juga terjadi di kota-kota lain di Iran. Beberapa di antaranya adalah di Abadan, Ahvaz, Bandar Abbas, Birjand, Gachsaran, Khoramshahr, Mahshahr, Mashhad, dan Shiraz.

Aksi unjuk rasa di kota Ahvaz, ditunggangi sejumlah perusuh yang melakukan aksi penjarahan dan membakar sebuah bank di sana. Kemudian di kota Khoramshahr, ada individu-individu tak dikenal yang melepaskan tembakan serta melukai sejumlah orang.

Di kota-kota lain, aksi unjuk rasa hanya sebatas memblokade lalu lintas, dan selesai ketika malam tiba.

2. Demo Ricuh Bolivia, 23 Orang Meninggal

Komisi Hak Asasi Manusia Inter-Amerika (IACHR) melaporkan total 23 orang meninggal dunia akibat demonstrasi yang berujung ricuh di Bolivia.

Selain korban meninggal, dikutip AFP, Minggu (17/11), Kelompok HAM yang bermarkas di Washington itu mencatat ada sekitar 122 orang terluka dalam demonstrasi sejak Jumat pekan lalu.

Kerusuhan terus berlangsung di Bolivia, meski Morales telah mengundurkan diri pada akhir pekan lalu. Ia mundur dari kursi kepresidenan setelah Bolivia diguncang unjuk rasa selama sebulan terakhir terakhir.

3. Satu Tahun Demo Rompi Kuning Prancis Dibuyarkan Gas Air Mata

Polisi Prancis melontarkan gas air mata dan meriam air untuk membuyarkan aksi demonstrasi rompi kuning di Kota Paris.

Bukan hanya di Paris, aksi rompi kuning juga terjadi di sejumlah wilayah di negara tersebut sejak yang pertama pada 17 November 2018. Pada demo yang pertama, setidaknya sekitar 282 ribu orang terlibat aksi mengkritisi kebijakan Macron yang dinilai tak bisa memenuhi kebutuhan dasar warga negara itu, dan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM)

Di Paris, ketegangan terjadi di alun-alun Place d’ITalie. Pasukan polisi dengan perlengkapan antihuru-hara membanjiri kawasan tersebut dengan gas air mata dan meriam air. Sementara itu para demonstran membalasnya dengan lemparan puing dan sampah.

Baca juga !