Wed. Dec 7th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

138 Tahun Lalu, Debut Pertama Oxford English Dictionary

1 min read

Jakarta – Lembaran pertama A New English Dictionary on Historical Principles atau kemudian dikenal sebagai Oxford English Dictionary pertama kali diterbitkan, pada 1 Februari 1884. Terbitan pertama ini berisi semua entri, mulai dari A hingga kata Ant.

Membutuhkan waktu 40 tahun pengerjaan, kamus pertama English Dictionary memegang lebih dari 400 ribu kata dan frasa dalam 10 volume. Selama 40 tahun pengerjaan, terdapat banyak penambahan signifikan dari tim editorial yang terdiri dari Murray, Henry Bradley, WA Craigie, dan CT Onions sebagai direktur tim editorial.

Segera setelah 10 volume publikasi pada tahun 1928, Craigie and Onions, editor yang memilih untuk tetap dengan proyek mulai memperbarui Kamus English Dictionary pada 1933. Saat itulah kamus tersebut diberi nama Oxford English Dictionary (OED). Dan mulai dicetak dalam 12 volume.

Edisi Kedua Oxford English Dictionary

Mengutip situs Maps of World di alamat mapsofworld.com, edisi kedua dari Oxford English Dictionary, yang disebut sebagai OED2, diterbitkan pada tahun 1989. Kamus tersebut saat ini berjumlah 20 volume dan berisi sekitar setengah juta entri.

Pada bulan Agustus 2010, Oxford University Press (OUP), pemilik kamus terkenal ini, mengumumkan bahwa edisi ketiga OED, yang populer disebut sebagai OED3, hanya akan muncul dalam format elektronik dan tidak akan dicetak. OED3 memiliki tim yang terdiri dari 80 leksikografer dengan pengerjaan selama 21 tahun.

Akibat penurunan drastis di pasar cetak dan popularitas besar OED online (yang menghasilkan dua juta klik setiap bulan dan membuat penerbit membayar biaya berlangganan tahunan sekitar £240 untuk setiap pengguna) membuat penerbit menghentikan versi cetak. Sementara itu, OUP terus mencetak kamus satu volume yang digunakan secara populer oleh siswa dan lainnya, yaitu Oxford Dictionary of English.

Baca juga !