Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

5 Fakta Ngeri LRT Negeri Jiran Tabrakan di Terowongan

2 min read

Kuala Lumpur –

Tabrakan mengerikan terjadi antara dua rangkaian light rail transit (LRT) di Malaysia. Ratusan orang terluka akibat peristiwa tersebut.

Tabrakan itu terjadi pada Senin (24/5/2021) malam. Dilansir dari kantor berita Bernama, dua rangkaian kereta itu tabrakan di dalam terowongan LRT Kelana Jaya, tepatnya di terowongan antara Stasiun Kampung Baru dan KLCC.

Berikut fakta-fakta kecelakaan mengerikan tersebut:

1. 213 Orang Terluka

213 orang dilaporkan menjadi korban luka akibat tabrakan LRT tersebut. 47 orang di antaranya disebut mengalami luka parah.

166 penumpang yang mengalami luka ringan dibawa ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dan beberapa RS terdekat. Polisi mengatakan para korban itu semuanya berasal dari rangkaian LRT yang berangkat dari Stasiun KLCC menuju Stasiun Gombak.

Sementara, kereta lainnya berasal dari Stasiun Kampung Baru menuju Stasiun Gombak. Kereta tersebut dalam keadaan kosong.

“Kami masih menyelidiki. Diketahui bahwa satu kereta api yang berangkat dari Stasiun Kampung Baru ke Gombak, dilaporkan sedang diuji coba setelah terjadi kesalahan untuk memastikannya berada di jalur yang benar,” kata Kepala Polisi Distrik Dang Wangi, Mohamad Zainal Abdullah.

2. Insiden Pertama dalam 23 Tahun

Tabrakan ini merupakan insiden pertama yang melibatkan LRT di Malaysia sejak 23 tahun beroperasi. Pemerintah Malaysia saat ini sedang menginvestigasi kejadian tersebut.

“Besok, direktur jenderal Badan Angkutan Umum Darat, akan memberikan laporan awal kepada saya,” kata Menteri Perhubungan Malaysia, Wee Ka Siong, seperti dilansir dari Channel News Asia.

Tabrakan dua kereta LRT di Malaysia. Sebanyak 213 orang terluka (Twitter @bernamadotcom)Tabrakan dua kereta LRT di Malaysia. Sebanyak 213 orang terluka (Twitter @bernamadotcom)

Dia mengatakan akan membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas penyebab kecelakaan itu. Dia memastikan kejadian ini adalah kejadian pertama sejak LRT beroperasi.

“Dan dalam 2 minggu, Satgas ini akan menyampaikan laporan hasil investigasi kepada saya. Dalam dua minggu kami akan bisa mengidentifikasi (apakah kecelakaan) itu disebabkan oleh kesalahan pada sistem, persinyalan atau komunikasi, atau human error,” ujarnya.

3. PM Malaysia Instruksikan Penyelidikan Menyeluruh

Perdana Menteri Muhyiddin Yassin, lewat akun Twitternya, menuliskan kecelakaan itu merupakan masalah serius. Dia menginstruksikan Kementerian Perhubungan dan perusahaan kereta api Prasarana Malaysia untuk penyelidikan penuh demi mengidentifikasi penyebab kecelakaan itu.

“Tindakan tegas akan diambil,” tulisnya.

Dia mengatakan prioritas utama adalah pemulihan kondisi para korban kecelakaan. Dia mengatakan semua korban akan menerima perawatan secara penuh.

 

Baca juga !