Mon. Jan 30th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong

3 min read

Jakarta –

Jawa Timur punya banyak racikan nasi rames nikmat. Ada nasi pecel pincuk khas Madiun, nasi sodu dari Situbondo, hingga sego tempong yang terkenal di Banyuwangi.

Jalan-jalan ke Jawa Timur, kamu bakal puas mencicipi aneka nasi rames. Banyak daerah di Jawa Timur memiliki racikan nasi rames yang khas. Pilihan lauk dan pelengkapnya beraneka ragam.

Kebanyakan disajikan dengan pincuk alias daun pisang. Hal ini membuat nasi lebih wangi dan menggugah selera. Lalu untuk pilihan lauknya, nasi rames di Jawa Timur sangat beragam.

Pada nasi pecel pincuk Madiun, misalnya, enak dinikmati dengan mendol tempe. Lalu ada juga nasi krawu Gresik yang identik dengan lauk daging dan jeroan sapi.

Menyusuri Situbondo, jangan lupa cicip nasi sodu yang dilengkap kuah santan dan sayur labu. Kemudian nasi boran dari Lamongan terkenal dengan lauk otak-otak bandengnya.

Tak ketinggalan nasi tempong dari Banyuwangi yang pedasnya nampol! Berikut lima nasi rames khas Jawa Timur yang layak kamu cicipi:

1. Nasi pecel pincuk

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: detikfood

Jawa Timur, khususnya kota Madiun, punya nasi pecel enak yang terkenal dengan sebutan nasi pecel pincuk. Hal ini karena nasi disajikan di atas lembaran daun pisang (pincuk).

Jenis sayuran yang digunakan sangat beragam, mulai dari tauge, kecipir, kacang panjang, selada air, kenikir, sampai kemangi. Kemudian sayuran rebus ini diguyur bumbu kacang.

Nasi pecel pincuk semakin nikmat dilahap dengan rempeyek dan pelengkap gorengan. Ada tempe goreng, mendol tempe, dadar jagung, hingga tahu pong yang nikmat rasanya. Di Jawa Timur sendiri, tak sulit menemukan penjual nasi pecel karena menu ini sudah jadi makanan sehari-hari.

2. Nasi krawu

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: detikfood

Racikan nasi rames khas Jawa Timur selanjutnya adalah nasi krawu dari Gresik. Kata ‘krawu’ berarti ‘mengambil dengan tangan’. Racikan nasi putih yang disajikan dengan daun pisang ini memang paling sedap dimakan langsung dengan tangan.

Nasi krawu punya banyak lauk. Ada irisan daging sapi, usus, babat, paru, serta pelengkap serundeng. Tak ketinggalan sambal petis yang membuat rasanya makin nikmat.

Kalau kamu mau tambah lauk seperti tempe tahu bacem dan aneka sate, juga bisa. Nasi krawu punya dua versi yaitu basah dan kering. Kalau basah, racikan nasi rames ini bakal ditambahkan kuah.

 

3. Nasi sodu

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: Instagram cemalcemilsitubondo

Belum banyak orang tahu kalau Situbondo punya racikan nasi rames enak bernama nasi sodu. Kuliner ini bahkan pernah dipromosikan Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagramnya.

Nasi sodu juga disajikan dengan daun pisang. Isiannya ada sayur labu kuning, kuah santan berisi jagung dan kacang panjang, ikan tongkol, labu kuning, hingga sambal cengi.

Sambal cengi merupakan sambal berisi potongan mentimun dan kecambah (tauge). Nasi sodu mudah ditemui di kecamatan Asembagus. Biasanya disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan.

4. Nasi boran

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: detikfood

Menyambangi Lamongan, kamu wajib cicip nasi boran yang lauknya meriah. Nasi boran terdiri dari nasi, empuk, pletuk, krawu, bumbu khas, rempeyek dan aneka lauk-pauk.

Pletuk adalah nasi kering yang digoreng dan diberi bumbu gurih. Kemudian ada empuk yang terbuat dari tepung goreng atau perkedel terigu. Sementara krawu adalah urap sayur yang terbuat dari daun pepaya dan serundeng. Lalu untuk lauk khas nasi boran sendiri adalah ikan sili dan otak-otak bandeng.

Kata ‘boran’ merujuk pada wadah anyaman bambu untuk menaruh nasi. Nasi boran mudah ditemui di beberapa titik di Lamongan. Misalnya di Jalan Panglima Sudirman, dekat Lamongan Plaza, Prapatan Rangge hingga di Dusun Kaotan.

 

5. Nasi tempong

5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong5 Nasi Rames Khas Jawa Timur yang Sedap, Nasi Sodu hingga Sego Tempong Foto: detikfood

Dari Banyuwangi ada nasi tempong atau sego tempong yang sayang dilewatkan. Nasi rames ini disajikan dengan ‘tempong’ yang berarti ‘tampar’. Ini karena racikan sambal ekstra pedas yang diulek dadakan sebagai pendamping nasi.

Salah satu penjual nasi tempong terkenal di Banyuwangi adalah Mbok Wah. Di sini pengunjung bisa memilih aneka lauk pendamping nasi. Semuanya lauk rumahan yang sederhana dan nikmat.

Ada ayam goreng, sate udang goreng, telur cit petis, gulai kikil, ikan asin, petai goreng, lele goreng, ati ampela, bakwan jagung, sampai telur dadar krispi. Lalu sego tempong juga dilengkapi beberapa sayur seperti kemangi, kenikir, serta rebusan bayam sebelum disiram dengan sambal super pedas!

Baca juga !