Tue. Sep 27th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

7 Wisata Hits Tawangmangu yang Unik dan Wajib Dikunjungi saat Liburan Bareng Keluarga

3 min read

Tawangmangu terletak di kaki Gunung Lawu sebelah barat Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Kawasan ini berada sekitar 37 km sebelah timur Solo. Berciri khas udara sejuk dan berlingkungan bersih, tempat ini menawarkan berbagai wisata hits Tawangmangu yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari Air Terjun Grojogan Sewu yang sangat terkenal.

Untuk tahu lebih banyak wisata hits Tawangmangu, simak daftar selengkapnya berikut di bawah ini.

Daftar Wisata Hits Tawangmangu

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata hits Tawangmangu yang tidak boleh dilewatkan ini menjadi favorit banyak wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Airnya selalu mengalir deras setiap waktu.

Pengunjung harus menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai air terjun ini. Di sini akan disuguhi hutan yang asri dan udara sejuk. Wisatawan domestik bisa membayar tiket Rp20.000 untuk masuk ke wisata ala mini.

2.  Kebun Teh Kemuning

Wisata hits Tawangmangu ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan sejuknya pegunungan. Kebun Teh Kemuning memang ada di wilayah pegunungan dan harus melewati akses jalan yang menanjak. Hamparan kebun teh hijau di bawah lereng gunung Lawu ini cocok untuk menghilangkan penat.

Pagi hari adalah waktu terbaik berkunjung di kebun teh ini bersama keluarga maupun teman-teman. Kamu bisa berkuda atau berjalan kaki mengelilingi area perkebunan teh sambil berfoto ria.

3.  Bukit Sekipan Tawangmangu

Destinasi wisata Bukit Sekipan di Tawangmangu. (Instagram/@bukitsekipan)
Destinasi wisata Bukit Sekipan di Tawangmangu. (Instagram/@bukitsekipan)

Destinasi wisata ini cocok untuk keluarga dan anak muda. Menyediakan berbagai wahana permainan yang menarik dan cocok untuk dijadikan spot foto keren. DI antaranya wahana miniature ikon dunia, miniature kapal Titanic, jembatan goyang, rumah adat, mini coaster, dan area outbound.

Ada juga tempat penginapan yang disediakan dengan berbagai pilihan. Pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp50.000 dan belum termasuk tiket masuk wahana.

4.  The Lawu Park

Lawu Park, objek wisata kekinian yang ada di Tawangmangu. (Instagram/@sulami_mia)
Lawu Park, objek wisata kekinian yang ada di Tawangmangu. (Instagram/@sulami_mia)

Wisata alam di tawangmangu ini menyuguhkan keindahan hutan pinus dan wahana yang menarik. Pengunjung dapat melakukan camping, flying fox, ATV, serta jeep dan trail adventure. Daya Tarik The Lawu Park tentu tak lepas dari spot foto dengan latar pemandangan gunung dan hutan pinus yang keren.

Pengunjung akan dikenakan biaya RP10.000 untuk anak-anak dan Rp20.000 untuk orang dewasa.

5.  Bukit Mongkrang

Dokumentasi: Oleh Merista Mazayas Tofa Di Atas Bukit Mongkrang 18/07/2020
Dokumentasi: Oleh Merista Mazayas Tofa Di Atas Bukit Mongkrang 18/07/2020

Bukit Mongkrang cocok didaki oleh pendaki pemula. Letaknya ada di sebelah selatan Gunung Lawu, yaitu di Desa Gondosuli, Tawangmangu. Terdapat hamaparan padang ilalang yang cocok dijadikan spot foto.

Pengunjung bisa berkemah mendirikan tenda dan menikmati matahari terbit di pagi hari. Harga tiket masuk Rp10.000 dan Rp15.000 jika akan berkemah.

6.  Sakura Hills

Tempat wisata ini mengusung konsep ala negri Sakura dengan suasana Gunung Lawu. Pengunjung akan menikmati pmandangan indah pohon sakura dengan latar Gunung Lawu dan dilengkapi bangunan khas Jepang, seperti taman Jepang, taman sakuran, super camp, dan forest canopy.

Pengunjung bisa berfoto di berbagai spot menarik. Selain itu, pengunjung bisa naik jeep berkeliling menikmati Sakura Hills dan juga menginap di Sakura Hills.

7. Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri (Dok. Facebook)
Rumah Atsiri (Dok. Facebook)

Destinasi wisata menarik di Tawangmangu ini merupakan hasil restorasi dari pabrik Citronella Indonesia Bulgaria. Pengunjung akan bertemy Aromatic Garden yang penuh dengan jenis bunga menarik.

Ada juga museum essential oil yang memuat segala informasi tentang minyak atsiri. Pengunjung juga bisa berbelanja makanan khas atsiri, toko aromatic, dan ikut workshop.

Dengan biaya masuk Rp50.000 per orang, pengunjung dapat leluasa berwisata edukasi di Rumah Atsiri Indonesia ini.

Itulah beberapa rekomendasi wisata hits Tawangmangu yang wajib dikunjungi saat sedang berlibur bersama keluarga dan teman terdekat. Mana yang akan kamu kunjungi lebih dulu?

Baca juga !