Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

8 Bumbu Wajib Rendang Minang Agar Rasanya Gurih Pedas Istimewa

4 min read

Jakarta –

Selain opor ayam, rendang juga jadi lauk wajib saat lebaran. Untuk membuat rendang Minang yang sedap, ada 8 bumbu yang wajib dipakai menurut ahli kuliner Minang.

Ahli kuliner Minang sekaligus pengusaha Rendang Uni Farah, Reno Andam Suri pernah mengungkap pada detikfood soal seluk beluk pembuatan rendang Minang. Tentu saja termasuk bumbu rendang Minang yang wajib ada.

Setiap elemen bumbu ini memberi rasa dan aroma yang nikmat pada rendang Minang. Menurut wanita yang akrab disapa Uni Reno ini, di tiap wilayah Sumatera Barat juga ada variasi penambahan bumbu dan rempah.

Hasilnya, rendang di beberapa kota Sumatera Barat bisa jadi berbeda. Begitupun dengan isiannya. Apalagi rendang tak hanya bisa dibuat memakai daging sapi, tapi juga beragam isian lain seperti ayam, paru, udang, telur, belut, ikan, hingga dedaunan.

 

Uni Reno mengungkap 8 bumbu wajib rendang Minang seperti berikut:

 

 

rendang minang

8 Bumbu Wajib Rendang Minang Agar Rasanya Gurih Pedas Istimewa Foto: Detikfood

1. Bawang putih
Bumbu rendang Minang yang wajib ada pertama adalah bawang putih. Jenis bawang ini memang terkenal sebagai penyedap alami masakan.

Saat ditumis, bawang putih akan memunculkan rasa manis gurih alami. Belum lagi aromanya yang harum sehingga bisa memperkaya cita rasa rendang.

2. Bawang merah
Jadi ‘pasangan’ ideal bawang putih, bawang merah juga berperan penting sebagai bumbu rendang Minang. Bawang merah mampu menonjolkan rasa masakan dan memberi rasa gurih, terutama untuk masakan pedas.

Pilih bawang merah yang permukaannya mengilap bersih dan kering. Saat hendak membeli, pilih yang teksturnya keras saat ditekan, pertanda bawang merah masih segar.

3. Jahe
Bumbu rendang Minang selanjutnya adalah jahe. Rempah ini terkenal dengan khasiat sehatnya, namun dalam masakan, jahe juga punya peranan penting.

Jahe memberi aroma segar dan aksen pedas hangat yang khas. Jahe juga mampu membangkitkan selera makan. Pilih jahe tua yang segar untuk membuat rendang Minang.

4. Laos
Laos atau lengkuas mampu menghilangkan bau tak sedap pada berbagai olahan daging, termasuk aroma yang tajam daging. Laos juga memiliki fungsi sebagai penyedap alami masakan.

Sebelum dimasak, laos bisa dimemarkan terlebih dahulu agar aromanya lebih keluar. Rasa laos yang tajam dan khas juga mampu memperkaya cita rasa rendang.

5. Cabai merah
Rendang Minang memakai cabai merah sebagai salah satu bumbu wajibnya. Cabai merah memberi aksen rasa pedas yang lembut dan enak.

Fungsi lainnya, cabai merah mampu menguatkan rasa masakan. Memberi warna merah oranye yang bagus juga sengatan pedas yang enak. Hasilnya, seseorang dijamin akan lebih berselera saat makan rendang.

6. Daun kunyit
Jika umbi kunyit berperan memberi warna kuning pada masakan, daun kunyit punya fungsi berbeda. Daun kunyit memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan.

Aroma daun kunyit yang segar mampu membuat rendang jadi lebih menggugah selera. Selain itu, daun kunyit juga berfungsi menghilangkan bau amis.

7. Daun jeruk
Selain daun kunyit, rendang Minang juga memakai daun jeruk purut yang harum dan segar aromanya. Daun jeruk purut juga termasuk penyedap alami masakan khas Indonesia.

Dalam memilih daun jeruk, pilihlah yang warnanya hijau tua dan segar, mulus, serta licin ketika dipegang. Jangan pakai daun kunyit yang sudah kering dan warnanya menguning.

 

 

rendang minang8 Bumbu Wajib Rendang Minang Agar Rasanya Gurih Pedas Istimewa Foto: Detikfood

8. Rempah Rendang
Rendang Minang terasa makin nikmat dan harum aromanya dengan pemakaian rempah. Beberapa rempah seperti kemiri, ketumbar, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, asam kandis, dan bunga lawang. Masing-masing rempah ini memiliki fungsi.

Pertama, ada kemiri yang kerap dipakai orang Sumatera Barat saat bikin rendang Minang. Menurut Uni Reno, kemiri akan menambah cita rasa bumbu masakan.

Lalu ada ketumbar yang biasa dipakai orang Batusangkar saat membuat rendang. Ada yang memakai ketumbar hijau atau ketumbar mentah. Ketumbar juga berfungsi memberi aroma dan rasa yang khas pada rendang Minang.

Ketiga, kapulaga yang jamak dipakai pada rendang Payakumbuh. Kapulaga berfungsi memberi aroma harum sekaligus menghilangkan bau tak sedap atau amis pada masakan.

Rendang Minang juga ada yang ditambahkan kayu manis. Rempah kaya khasiat ini memberi aroma yang harum pada rendang. Sekaligus menambah aroma dan menghilangkan bau tak sedap pada bahan makanan.

Pala juga termasuk rempah yang kerap dipakai pada rendang Minang. Pala berfungsi mirip kayu manis yaitu pemberi aroma harum masakan dan penguat rasa. Ada juga sensasi pedas hangat yang muncul dari pemakaian pala.

Rempah rendang Minang juga termasuk cengkeh. Beberapa orang suka menambahkan cengkeh karena aromanya yang khas. Fungsi lainnya adalah menetralkan bau amis pada olahan daging.

Asam kandis banyak dipakai dalam masakan Sumatera dengan fungsi utama memberikan rasa asam pada masakan yang kaya bumbu rempah. Salah satunya rendang yang dimasak dengan tambahan asam kandis.

Satu lagi rempah yang kerap dipakai pada proses pembuatan rendang Minang, bunga lawang. Fungsinya adalah penyedap rasa pada makanan, mirip dengan kayu manis dan cengkeh.

Nah, kalau kamu tertarik membuat rendang Minang untuk lebaran nanti, resep rendang Minang di bawah ini bisa jadi panduan.

Baca juga !