Sun. Dec 4th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

8 Tempat Wisata di Semarang Paling Instagramable, Wajib Dikunjungi 2021

3 min read

 Ada banyak tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari taman terbesar di Jawa Tengah hingga wisata alam yang instagramable, semua ada di Semarang.

Yuk, simak rekomendasi tempat wisata di Semarang yang wajib kamu eksplorasi, seperti dilansir dari The Smart Local, Rabu (15/9/2021).

Tidak semua tempat wisata di bawah ini berada di dalam Kota Semarang. Ada beberapa yang berlokasi di Kabupaten Semarang.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah tempat wisata Semarang yang ikonik. Landmark paling terkenal di Semarang ini terkenal dengan banyaknya jumlah pintu yang dimiliki. Kamu mungkin harus membuktikan jumlah pintu tinggi yang seakan tak terhitung jumlahnya ini.

Gedung Lawang Sewu. [suara.com/ Dinda Rachamawati]
Gedung Lawang Sewu. [suara.com/ Dinda Rachamawati]

Lawang Sewu ada di Jalan Pemuda, tidak jauh dari Simpang Lima yang merupakan pusat kota Semarang. Wajib banget kamu kunjungi Lawang Sewu saat baru pertama kali ke Semarang.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat wisata di Semarang yang cukup populer karena memiliki arsitektur bangunan yang luar biasa.

Disebut sebagai tempat pemberhentian pertama Laksamana Cheng Ho, klenteng ini secara rutin menyelenggarakan beberapa festival dan acara spiritual. Klenteng ini juga dibuka umum untuk hunting foto para wisatawan dari luar Semarang.

3. Kota Lama Semarang

Seperti namanya, Kota Lama Semarang merupakan tempat menari di Kota Semarang yang terkenal dengan deretan bangunan bersejarahnya yang dilestarikan. Lokasi ini pada abad 19-20 menjadi pusat perdagangan di Kota Semarang.

Kamu bisa berfoto di depan bangunan bergaya Eropa atau sekedar bersantai di Taman Srigunting yang ada di tengah. Menyeruput kopi sambil menikmati suasana malam di salah satu café di sini juga jadi pilihan terbaik!

4. Kampung Pelangi

Tak kalah dengan Malang, Jawa Timur, yang memiliki Kampung Pelangi Jodipan. Semarang juga memiliki tempat wisata menarik bernama Kampung Pelangi! Seperti namanya, kampung yang dulunya dianggap kumuh ini bertransformasi dengan warna-warna cerah pelangi.

Warna pada dinding, atap serta jalanan di Kampung Pelangi memberikan kesan yang unik dan hidup. Tak heran jika kampung wisata ini jadi spot instagramable bagi wisatawan yang berkunjung di Semarang.

5. Brown Canyon Semarang

Tempat wisata di Semarang ini sangat populer beberapa tahun terakhir. Meski realitanya sebuah dataran tandus dan berpasir, tempat wisata ini nyatanya ramai dikunjungi karena instagramable. Panorama Brown Canyon yang unik merupakan imbas dari pertambngan pasir, tanah, dan batu di sini.

Pengunjung biasanya ramai datang menjelang matahari terbenam. Kamu bisa menjelajahi “Grand Canyon” versi Indonesia ini dengan sedikit hiking dan berfoto-foto.

6. Toko Oen, Restoran Legendaris

Semarang penuh dengan peninggalan zaman kolonial Belanda, dan Toko Oen di dekat pusat kota adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati suasananya. Berdiri sejak 1936, restoran ini mempertahankan interior kolonial Belanda dan menawarkan berbagai hidangan Eropa.

Toko Oen terkenal dengan berbagai macam es krimnya, mulai dari Symphony Ice Cream tiga rasa yang khas hingga berbagai ice cream cakes dan makanan pembuka (appetizer) Belanda seperti bitterballen dan kroket.

Kamu bisa menemukan restoran legendaris ini di Jalan Pemuda No. 52, Bangunharjo, Kota Semarang

7. Gang Lombok, Borong Lumpia Semarang

Liburan ke Semarang tak lengkap rasanya tanpa mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh Lumpia Semarang yang terkenal. Lumpia ala Semarang memiliki isian ayam, udang, dan rebung. Gang Lombok secara luas dikenal sebagai rumah lumpia asli yang telah beroperasi turun temurun sejak akhir abad ke-19.

Toko Lumpia Cik Meme sajikan Lumpia khas kota Semarang. (Suara.com/Ambar Adi Winarso)
Toko Lumpia Cik Meme sajikan Lumpia khas kota Semarang. (Suara.com/Ambar Adi Winarso)

Toko kecil yang sederhana yang menjadi tujuan populer para wisatawan yang ingin membawa sekeranjang lumpia yang baru dibuat. Lumpia yang digoreng maupun dikukus memiliki harga sekitar Rp18.000.

Yuk, beli oleh-oleh Lumpia Semarang yang ada di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang.

8. Gardu Pandang Lereng Kelir

Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Gardung Pandang Lereng Kelir menjadi salah satu spot terbaik untuk menghirup udara segar sambil menikmati pemandangan kota Semarang dari atas. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu.

Lereng Kelir dikenal juga dengan hutan pinus yang bisa dijelajahi sambil berfoto di sepanjang jalan dan menjadi tempat camping. Buka setiap hari pada hari kerja dan akhir pekan. Alamatnya di Dusun Gertas, Brongkol, Jambu, Kabupaten Semarang

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang wajib dieksplor para pengunjung saat berkunjung di Semarang.

Baca juga !