Fri. Sep 30th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Ada Nasi Liwet hingga Ikan Cere Goreng di 5 Warung Makan Kampung Ini

3 min read

Jakarta –

Warung makan kampung biasanya menyajikan makanan rumahan yang nikmat. Kamu bisa menikmati nasi liwet, ayam goreng, hingga ikan cere di 5 tempat ini ya!

Banyak warung makan kampung yang tempatnya ‘ngumpet’ di beberapa kawasan. Ada di kawasan Tangerang dan Jakarta. Biasanya kepopuleran tempat ini diketahui dari mulut ke mulut.

Tak kalah dengan restoran biasa, beberapa warung makan kampung ini sangat ramai dikunjungi pelanggan. Bahkan ada yang membawa rombongan untuk makan di sini.

Padahal makanan yang disajikan untuk mereka sangatlah sederhana. Layaknya makanan rumahan biasa, seperti ayam goreng, nasi liwet, ikan goreng, telur dadar, dan lainnya. Namun cita rasanya yang nikmat berhasil memikat selera banyak orang.

Berikut 5 warung makan kampung yang bisa kamu kunjungi:

1. Warung Tuman

 

Asyiknya Makan Siang di Warung Tuman yang Ada di Tengah KebunAsyiknya Makan Siang di Warung Tuman yang Ada di Tengah Kebun Foto: dok.detikFood

Warung makan satu ini konsepnya sangatlah sederhana dan terasa seperti di kampung. Setiap sudut tempat warung makan ini terbuat dari kayu dan bambu. Lokasinya juga terpencil, masuk ke dalam pemukiman warga.

Warung makan ini ada di Jalan Kelurahan Ciater, Kencana Loka No. 5, BSD, Serpong, Tangerang. Kamu harus siap jalan kaki sekitar 300-400 meter dari jalan raya.

Saat berjalan kaki, kamu akan melewati tempat pemakaman umum (TPU) dan hutan bambu. Namun, saat sudah sampai lokasi kamu akan disambut warung yang asri dengan pepohonan yang memenuhi area.

Walaupun lokasinya masuk ke dalam pemukiman warga, tapi jangan ragukan lezatnya makanan di sana. Warung makan ini menyajikan menu dari paduan masakan Jawa dan Minang.

Untuk andalannya, ada Nila Calabaltuik, Gulai Bareh, dan Ayam Goreng Kampung Kremes. Selain itu, kamu juga bisa memesan tempe mendoan dan aneka es segar. Harganya dibanderol mulai dari Rp 10.000-Rp 30.000-an saja.

Masih di kawasan Tangerang, Warung Cere Bu Tini bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka dengan makanan rumahan sederhana. Lokasinya juga terpencil, tapi banyak sekali orang yang mengetahui warung makan ini.

Ada di Jalan Kranggan, Setu, Tangerang Selatan. Berjarak 2-3 kilometer dari Cisauk. Lokasinya juga tak jauh dari Kali Cisadane. Warung makan ini sangat sederhana, hanya berupa saung bambu. Bahkan dapurnya masih menggunakan kayu bakar.

Ikan cere goreng yang jadi andalan warung makan ini juga didapatkan langsung dari Kali Cisadane. Selain ikan cere goreng, warung amkan ini juga menyediakan ayam goreng, aneka pepes, jengkol dan pete goreng, aneka tumisan sayur, dan telur dadar. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 10.000-an saja.

Saran dari kami kalau mau menyantap makanan di sini harus datang pagi. Karena, kalau datang saat jam makan siang, lauk yang disajikan sudah tidak komplet lagi.

 

3. Warung Betawi Mpok Kuni

Warung Makan KampungWarung Mpok Kuni Foto: detikcom

Tak jauh dari lokasi Warung Cere Bu Tini, ada juga Warung Mpok Kuni yang konsepnya tradisional. Ada di Gang Ismail kawasan Cipete Pinang, Tangerang. Kalau ke sini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang asri dan sederhana.

Mpok Kuni sang pemilik warung mengandalkan teras rumahnya untuk berjualan. Ia juga menyajikan makanannya menggunakan wadah dan diletakkan pada meja panjang. Nantinya para pelanggan akan memilih sendiri yang mereka inginkan.

Andalannya adalah Gabus Pucung. Ada juga menu lainnya yang tak kalah enak, yaitu pecak gurame, pecak gabus, hingga tumisan oncom khas Betawi yang terkenal nikmat. Harganya mulai dari Rp 15.000-an.

4. Warung Teteh

 

nasi liwetnasi liwet-warung teteh Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Warung Teteh juga salah satu warung makan kampung yang bisa jadi andalan makan bareng keluarga. Lokasinya ada di Jalan Petogogan 1 Blok A No. 20, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Warung makan ini termasuk berkonsep kampung karena menyajikan menu nasi liwet khas Sunda. Untuk menikmatinya juga bisa ‘reriungan’ (bersama) di atas daun pisang yang digelar di atas meja.

Lauknya ada tahu tempe goreng, ikan goreng, ayam goreng, ikan asin, empal, sambal, lalapan, hingga sayur asem yang segar. Satu paket nasi liwet di sini bisa dinikmati oleh 4 orang dengan harga sekitar Rp 120.000.

 

5. Warung Kita Pakde (Warung Kita 38)

Warung Makan KampungWarung Makan Kampung Foto: Instagram @aren.sil

Warung Kita Pakde atau Warung Kita 38 belakangan ini viral karena penyajian makanan di sana mengunakan sambal pecok. Sambal pecok ini menggunakan cabai rawit hijau dan rasa pedasnya sangat nampol.

Lokasinya ada di Jalan Mangga Besar No. 38D, Taman Sari, Jakarta Barat. Yang paling terkenal di sini adalah menu ayam goreng dan nasi uduk, ditambah sambal pecoknya yang khas.

Warung makan ini juga menyediakan aneka sate. Ada usus, ati ampela, telur puyuh, dan kulit. Ada juga tumisan kangkung dengan bumbu tauco, terasi, bawang putih, dan rujak kangkung.

Baca juga !