Wed. Nov 30th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Antisipasi Kenaikan Konsumsi BBM, Stok Solar Dijaga Lebih dari 20 Hari

2 min read

Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan masih tingginya harga minyak dan memasuki Ramadan yang diikuti dengan kondisi ekonomi yang berangsur pulih dapat mendorong peningkatan konsumsi BBM.

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi, harga minyak mentah Indonesia (ICP) masih di atas US$ 100 per barel. “Pemerintah menjamin tersedianya BBM dan melakukan koordinasi dengan badan usaha dalam hal ini Pertamina,” katanya dalam rilis, Sabtu, 2 April 2022.

Dia mengatakan ICP sementara Maret 2022 sekira US$ 113 per barel. Namun, pemerintah bersama Pertamina memastikan agar pasokan BBM tersedia, khususnya BBM yang paling banyak dikonsumsi masyarakat, termasuk Pertalite. Demikian halnya BBM solar akan ditingkatkan pasokannya dan menjaga stok agar di atas 20 hari.

“Pertamina telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan dalam rangka terjaminnya ketersediaan BBM, serta mengantisipasi peningkatan kebutuhan khususnya di bulan Ramadan ini,” kata Agung.

Dalam upaya pengendalian penyaluran BBM jenis solar bersubsidi, Pemerintah mengambil beberapa langkah strategis, antara lain telah terbitnya Keputusan Menteri ESDM No 45.K/HK.02/SJN.H/2022 tanggal 24 Januari 2022.

Beleid itu mengatur tentang Tim Gugus Tugas Pengawasan Penyediaan dan Pendistribusian BBM, serta melaksanakan koordinasi dan pengawasan bersama antara Ditjen Migas, Tim BPH Migas dan Pertamina di beberapa daerah yang terjadi antrean/kelangkaan Solar.

Upaya lainnya adalah melakukan monitoring stok bahan bakar migas melalui command center, koordinasi Pertamina dengan penegak hukum dan Pemerintah Daerah.

Seluruh Direksi Pertamina melakukan pengecekan langsung di berbagai SPBU, serta sarana dan fasilitas terminal BBM yang tersebar di Indonesia, antara lain di wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung dan Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, Pertamina telah membentuk satgas RAFi (Ramadan dan Idul Fitri) dan menyiapkan berbagai layanan tambahan. Beberapa layanan tambahan untuk menjamin pasokan BBM itu berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, SPBU Kantong dan rest area yang dilengkapi fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik.

Baca juga !