Mon. Jan 30th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Apa Itu Set Top Box untuk Beralih Siaran TV Digital?

2 min read

TEMPO.COJakarta – Siaran televisi analog telah mengudara selama hampir 60 tahun di Indonesia. Siaran digantikan televisi digital atau TV digital, pada 2 November 2022, dikutip dari siarandigital.kominfo.go.id. Adapun tangkapan sinyal televisi menggunakan set top box atau STB. Alat itu untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan di televisi analog biasa.

Pada masa peralihan TV digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog. Namun dianjurkan mengubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Apa itu set top box?

Mengutip Techopedia, set top box perangkat keras yang memungkinkan sinyal digital diterima, diterjemahkan dan ditampilkan di televisi. Sinyal televisi atau data Internet diterima melalui kabel atau sambungan telepon. Set top box perangkat yang mengubah sinyal TV digital menjadi analog untuk dilihat pesawat televisi konvensional.

Set top box telah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2), standar TV Digital di Indonesia. Set top box tidak memerlukan parabola khusus untuk menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi UHF-VHF.

Mengutip Wiltronics.com, fungsi set top box TV analog sebagai alat untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara. Itu ditampilkan ke televisi analog. Set top box memungkinkan perangkat TV mengubah sinyal televisi digital (DTV) menjadi analog. Set top box solusi menggunakan TV analog untuk menerima siaran digital.

Set top box juga menerima siaran TV digital yang bisa dilihat di pesawat televisi konvensional. Berikutnya, membiarkan pengguna memilih dari penyedia tertentu, lalu memfilter ke konten video yang ingin ditonton. Kebanyakan sistem set top box kini mengandalkan komunikasi dua arah, memungkinkan pemirsa memanfaatkan fitur interaktif.

Manfaat set top box

1. Menikmati siaran TV digital dengan kualitas gambar jernih, bersih, tanpa semut dan gambar berbayang.

2. Menggunakan set top box mampu merekam siaran televisi yang sedang berlangsung disimpan di flashdisk. Fitur merekam siaran tak bisa ditemukan dalam TV analog.

3. Set top box juga bisa menjadi media player untuk memutar file berupa foto, musik dan video atau film dalam berbagai format seperti MP4, MKV, AVI, FLV dan lain-lain.

 

Baca juga !