Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Arab Saudi Resmi Cabut Larangan Bepergian ke Indonesia

2 min read

Jakarta – Arab Saudi resmi mencabut larangan perjalanan langsung dan tidak langsung warganya ke Indonesia pada Senin, 6 Juni 2022,. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan ini melalui sebuah pernyataan.

Seperti dilansir Arab News, Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan, keputusan tersebut mengikuti pemantauan situasi pandemi COVID-19, dan didasarkan pada laporan otoritas kesehatan terkait.

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI Bagus Hendraning Kobarsyih mengkonfirmasi informasi pencabutan larangan bepergian warga Arab Saudi ke Indonesia ini.

“Memang betul,” katanya melalui pesan singkat kepada Tempo, Selasa, 7 Juni 2022. “Ya kami mendorong terus perwakilan RI di Saudi untuk terus melakukan berbagai pendekatan dengan otoritas terkait di Saudi. Dan inilah hasilnya.”

Warga Saudi dilarang bepergian ke Indonesia sejak 12 Juli 2021, karena kekhawatiran COVID-19. Beberapa pekan lalu, Arab Saudi mengumumkan telah melarang warganya melancong ke-16 negara, Indonesia salah satunya.

Langkah itu diambil menyusul merebaknya kembali COVID-19 dan lonjakan cepat jumlah infeksi hariannya dalam beberapa minggu terakhir.

Adapun 15 negara lain yang diminta untuk dihindari warga Arab Saudi untuk melancong adalah Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, Yaman, Somalia, Ethiopia, Republik Demokratik Kongo, Libya, India, Vietnam, Armenia, Belarusia, dan Venezuela.

Larangan yang diberlakukan Arab Saudi ini dipertanyakan banyak pihak, sebab dari total 16 negara tersebut, hanya Republik Demokratik Kongo yang menunjukkan peningkatan kasus COVID-19.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah saat dikontak melalui pesan WhatsApp belum lama ini, mengatakan, Indonesia sudah menyampaikan hasil penanganan COVID-19 dalam negeri ke pihak Arab Saudi. Faizasyah menambahkan, kondisi (wabah COVID-19) di Tanah Air sudah lebih baik dari banyak negara dunia pada umumnya.

Dalam menindaklanjuti masalah tersebut, Kemlu bekerja sama dengan KBRI Riyadh untuk membicarakan dengan otoritas terkait di Arab Saudi perihal adanya larangan bepergian warga Arab Saudi ke Indonesia. Bagus saat dihubungi Tempo, Selasa, 24 Mei 2022, menambahkan, pihaknya juga sudah meminta bantuan Kedutaan Arab Saudi di Jakarta untuk menjelaskan maksud dari larangan perjalanan ini.

Baca juga !