Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Arus Mudik H-6, Menhub dan Kapolda Metro Jaya Tinjau Stasiun Pasar Senen

2 min read

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada H-6 Lebaran, Rabu pagi. Menhub didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto dan Dirut PT KAI Didiek Hartantyo.

Menhub Budi Karya meninjau beberapa fasilitas mudik di Stasiun Pasar Senen, mulai dari pengecekan vaksinasi, lokasi print tiket, hingga gerbong kereta.

Menhub mengatakan, selain di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cikarang juga dibuka untuk perjalanan KA jarak jauh. Di Stasiun Senen terdapat 28 rute perjalanan KA Jarak Jauh dan di Stasiun Cikarang ada 13 rute.

“Hari ini kita lihat mudik sudah menjadi maksimal dan praktis tiket-tiket yang dijual mendekati penuh. Perkembangan penggunaan kereta api luar biasa,” kata Budi di Stasiun Pasar Senen pada Rabu, 27 April 2022.

Budi Karya menilai PT KAI sudah menjalankan kinerjanya dengan baik. Pelayanan ticketing online sudah baik sehingga masyarakat tidak kesusahan untuk mencari tiket.

Menhub mengimbau agar para pemudik tepat waktu tiba di stasiun. “Maka para pengguna mudik kereta api lakukanlah perjalanan itu sesuai dengan waktu, agar tidak ramai,” ungkapnya.

Kemenhub telah berkoordinasi dengan Pangdam dan Kapolda Metro Jaya untuk pengamanan maupun dukungan vaksinasi booster di seluruh titik-titik simpul perjalanan di Kereta Api, Bandara, dan Terminal.

“Kami minta bantuan dari Kapolda dan Pangdam karena perjalanan mudik ini harus diberikan rasa aman,” ujarnya.

Budi juga mengungkap pesan Presiden Joko Widodo untuk menciptakan kegembiraan pada mudik Lebaran 2022. “Pak Presiden berpesan saya selaku pembantunya. Satu, hati hati, dan ciptakan kegembiraan agar nantinya berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kapolda Metro Jaya juga mengimbau para pemudik agar mempersiapkan perjalanan dengan baik. Semua harus diatur agar tidak terjadi penumpukan di rute mudik.

Fadil mengatakan Polda Metro Jaya telah menyiagakan pengawasan mudik selama 24 jam penuh. “Kami sudah menyiagakan 24 jam anggota agar kejahatan-kejahatan seperti misalnya bius, penipuan, copet, jambret, dan sebagainya bisa kita minimalisir,” ujarnya.

Pada arus mudik Lebaran 2022, Polda Metro Jaya juga telah berkoordinasi dengan PT KAI untuk memasang CCTV untuk mengawasi beberapa akses pintu masuk di stasiun kereta api. “Jadi semua perilaku yang berniat melakukan kejahatan bisa diantisipasi. Sampai dengan saat ini saya tanya Kaposko khususnya Stasiun Pasar Senen belum ada laporan kriminalitas,” kata Fadil.

Baca juga !