Tue. Aug 16th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

AS Akan Beri Ukraina Sistem Persenjataan Baru, Termasuk Radar Canggih

1 min read

Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan mengumumkan pembelian sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara jarak menengah, hingga jarak jauh untuk Ukraina pada pekan ini.

Informasi ini diungkap oleh seorang sumber yang mengetahui perihal tersebut kepada Reuters, Minggu (26/5/2022).

Washington juga diperkirakan akan mengumumkan bantuan keamanan lain yang akan diberikan kepada Kiev. Bantuan ini meliputi amunisi artileri tambahan dan radar counter-battery untuk memenuhi kebutuhan militer Ukraina.

Radar canggih counter-battery adalah sebuah radar yang mendeteksi proyektil artileri yang ditembakkan oleh satu atau lebih senjata.

Radar rusak dan peralatan lainnya usai dihantam serangan Rusia, di fasilitas militer Ukraina di luar Mariupol, Ukraina, Kamis (24/2/2022). Foto: Sergei Grits/AP Photo

Ini merupakan paket bantuan terbaru yang akan diberikan Amerika Serikat kepada Ukraina sejak Rusia melancarkan invasinya pada Februari lalu.

Bulan ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyetujui upaya untuk memberikan bantuan militer bagi Ukraina senilai USD 700 juta (Rp 10 triliun).

Bantuan itu termasuk sistem roket canggih yang dapat menyerang sasaran jarak jauh, amunisi, radar counter fire, radar pengawasan udara, rudal anti-tank Javelin tambahan, serta senjata anti-tank.

Sementara itu, upaya AS untuk untuk menjual empat drone besar yang dapat dipersenjatai ke Ukraina dihentikan awal bulan ini. Sebab, muncul kekhawatiran radar dan peralatan pengawasan mereka dapat menciptakan risiko keamanan bagi AS jika jatuh ke tangan Rusia.

Baca juga !