Mon. Nov 28th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

AS Cabut Kelompok Ultranasionalis Israel dari Daftar Teroris

2 min read

WASHINGTON — Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah menghapus kelompok ultranasionalis Israel Kahane Chai bersama empat kelompok lainnya dari daftar organisasi teroris asing (FTO). Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (20/5), departemen mengatakan penghapusan itu merupakan dari prosedur rutin untuk menghapus organisasi yang tidak aktif dari database FTO sesuai dengan Undang-Undang Keimigrasian dan Kebangsaan (INA).

“Seperti yang disyaratkan oleh INA, Departemen meninjau penunjukan FTO setiap lima tahun untuk menentukan apakah keadaan yang menjadi dasar penunjukan telah berubah sedemikian rupa untuk menjamin pencabutan,” kata Departemen Luar Negeri AS dikutip dari Aljazirah.

“Tinjauan kami terhadap lima penunjukan FTO ini menetapkan bahwa, sebagaimana didefinisikan oleh INA, kelima organisasi tersebut tidak lagi terlibat dalam terorisme atau aktivitas teroris dan tidak memiliki kemampuan dan niat untuk melakukannya,” ujar badan tersebut.

Departemen Luar Negeri AS menekankan bahwa langkah itu sangat birokratis, bukan politis. Keputusan ini menyoroti kelompok lain yang dihapus dari daftar FTO, termasuk Basque Fatherland and Liberty, Aum Shinrikyo, Mujahidin Syura Council in the Environs of Jerusalem, dan Gama’a al-Islamiyya.

Departemen Luar Negeri juga menghapus enam orang yang meninggal dari daftar teroris global yang ditunjuk khusus (SDGT) AS. “Mencabut penunjukan FTO dan menghapus daftar orang yang meninggal memastikan sanksi terorisme kami tetap berlaku dan kredibel dan tidak mencerminkan perubahan kebijakan apa pun terhadap aktivitas masa lalu salah satu teroris ini atau organisasi di mana mereka menjadi anggotanya,” kata Departemen Luar Negeri AS.

AS menambahkan Kahane Chai ke daftar FTO pada tahun 1997. Sebagai kelompok domestik AS,  Liga Pertahanan Yahudi (JDL)  terpisah dari Chai, tetapi keduanya merupakan bagian dari gerakan yang dibangun oleh Meir Kahane.  Departemen Luar Negeri mengatakan, Kahane Chai dan empat kelompok lainnya akan mempertahankan penunjukan SDGT untuk memastikan aset yang dibekukan tidak dilepaskan ke teroris individu yang masih aktif.

Baca juga !