Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

AS Kirim Rp4 T Bantuan Militer ke Kyiv, Zelensky: Ukraina Tak Takut Gelap

2 min read

TEMPO.COJakarta – Amerika Serikat akan memasok bantuan militer baru senilai US$ 275 juta atau sekitar Rp 4,2 triliun ke Ukraina, termasuk senjata, amunisi, dan peralatan dari inventaris Kementerian Pertahanan.

“Kami juga membantu dengan kemampuan pertahanan udara yang dibutuhkan berupa dua NASAMS (sistem pertahanan udara modern) untuk pengiriman ke Ukraina bulan depan,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Jumat, 28 Oktober 2022, seperti dikutip Reuters.

Blinken menambahkan, Washington sedang bekerja dengan Sekutu dan mitra lainnya untuk memungkinkan pengiriman sistem pertahanan udara mereka sendiri ke Ukraina.

Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh dalam kesempatan terpisah mengatakan kepada wartawan, paket bantuan terbaru termasuk amunisi untuk peluncur roket presisi Himars, berbagai jenis peluru artileri 155 mm, sistem anti-armor, amunisi senjata kecil, dan empat antena komunikasi satelit.

“Kami melihat infrastruktur Ukraina dan jaringan listrik menjadi sasaran Rusia dan antena ini memberikan kemampuan tambahan di lapangan pada saat kritis ketika infrastruktur Ukraina diserang,” kata Singh, dikutip Arab News.

Sebelumnya, Presiden Volodymyr Zelensky melaporkan ada sekitar empat juta warga Ukraina yang terkena dampak dari pemadaman listrik, yang disebabkan oleh serangan Rusia ke pembangkit dan infratruktur listrik.

“Sampai saat ini, banyak kota dan wilayah di negara kita menggunakan jadwal pemadaman stabilisasi. Kami melakukan segalanya sehingga negara memiliki kesempatan untuk mengurangi pemadaman seperti itu,”  kata Zelensky dalam pidato rutin, Jumat malam, 28 Oktober 2022.

Ukraina Tak Takut Gelap

Berdiri di luar dalam kegelapan, di samping reruntuhan pesawat tak berawak yang jatuh, Zelensky bersumpah bahwa serangan Rusia yang meluas terhadap pembangkit listrik tidak akan mematahkan semangat Ukraina. Dia mengatakan Kyiv telah menembak jatuh 23 drone dalam dua hari terakhir.

“Tembakan tidak akan menghancurkan kami – mendengar lagu musuh di tanah kami lebih menakutkan daripada roket musuh di langit kami. Kami tidak takut kegelapan,” kata Zelensky dalam pidato hariannya Kamis, 27 Oktober 2022.

Zelensky mengatakan bahwa Rusia sejauh ini telah meluncurkan lebih dari 8.000 serangan udara dan menembakkan 4.500 rudal.

Sebelumnya pada Kamis, Pejabat Senior Ukraina menyebut, Kyiv dan empat wilayah mungkin harus memotong pasokan listrik lebih lama dari yang direncanakan setelah serangan Rusia itu.

Bantuan keamanan AS sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022 sudah mencakup lebih dari US$16,8 miliar atau sekitar Rp 258 triliun.

Otoritas Penarikan Presiden (PDA) memungkinkan AS untuk mentransfer barang dan layanan dari stok dengan cepat tanpa persetujuan kongres sebagai tanggapan atas keadaan darurat. Pengiriman bantuan ke Ukraina dari pemerintahan Biden sampai pertengahan Desember bisa mencapai hingga $3,7 miliar atau sekitar Rp 56 triliun.

Baca juga !