Tue. Sep 27th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

AS Sambut Baik Deklarasi Gencatan Senjata Israel-Hamas

2 min read

Washington –

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyambut baik gencatan senjata yang diumumkan Israel dan Hamas. Ia mengatakan Amerika Serikat mengupayakan gencatan senjata terkait konflik di Israel dan Palestina.

“Saya yakin kami memiliki kesempatan sejati untuk membuat kemajuan dan saya berkomitmen untuk mengupayakannya,” kata Biden di Gedung Putih, dilansir dari AFP, Jumat (21/5/2021).

Biden mengatakan dirinya telah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi terkait gencatan senjata. Biden sendiri mendapatkan banyak kecaman dari berbagai kalangan karena tidak mendorong sekutu AS, Israel untuk mengutamakan opsi gencatan senjata dari awal konflik.

An Israeli artillery unit fires toward targets in Gaza Strip, at the Israeli Gaza border, Tuesday, May 18, 2021. (AP Photo/Tsafrir Abayov)Foto: AP/Tsafrir Abayov

Biden mengatakan AS selalu mengupayakan secara luar biasa untuk meminimalkan pertumpahan darah. Tujuan AS, sebut Biden, yakni ‘menghindari konflik berkepanjangan’.

Palestina dan Israel sama-sama berhak untuk hidup dengan aman dan terjamin dan menikmati kebebasan, kemakmuran dan demokrasi yang sama,” kata Biden.

Joe Biden menjanjikan bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan ke Palestina di Tepi Barat. Ia menegaskan bantuan itu bukan untuk Hamas.

 

Israel terus menggempur jalur Gaza. Sejumlah bangunan pun rusak parah akibat hantaman roket tersebut.Foto: AP Photo

Di kesempatan yang sama, Joe Biden, juga mendukung ‘Hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket Hamas’. Selain itu Biden mendukung penuh Israel mengisi kembali sistem anti-rudal yang digunakan untuk menembak jatuh proyektil-proyektil yang dilontarkan Hamas.

Joe Biden turut berterima kasih kepada al-Sisi selaku Presiden Mesir. “Saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Presiden al-Sisi dan pejabat senior Mesir yang telah memainkan peran penting dalam diplomasi ini,” kata Biden.

Sebelumnya, Israel dan Hamas mengumumkan gencatan senjata. Gencatan senjata dilakukan demi mengakhiri pertempuran selama kurang lebih 11 hari.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengkonfirmasi gencatan senjata tersebut. Netanyahu menerima usulan gencatan senjata yang ditawarkan Mesir.

“Dengan suara bulat menerima rekomendasi untuk menerima inisiatif Mesir untuk gencatan senjata … tanpa syarat,” ujar Netanyahu seperti dilansir dari AFP, Jumat (21/5/2021).

Baca juga !