Mon. Oct 3rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

AS Selidiki Dugaan Eks Presiden Afghanistan Kabur Bawa Uang Jutaan Dolar

1 min read

Jakarta – Otoritas Amerika Serikat akan menyelidiki dugaan mantan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani membawa uang jutaan dolar AS ketika kabur dari Afghanistan saat Taliban mendekati Kabul. Hal itu disampaikan John Sopko, Inspektur Jenderal Khusus AS untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR).
Sebelumnya, Ghani mengatakan pihaknya meninggalkan kabul untuk mencegah pertumpahan darah dan membantah laporan bahwa dia membawa jutaan dolar bersamanya. Namun, spekulasi terus berlanjut dan Kongres AS meminta tim Sopko untuk menyelidikinya.

“Pihak kami belum dapat membuktikannya. Kami masih mencari bukti-bukti. Sebenarnya, Komisi Reformasi Pemerintah telah meminta kami untuk mendalami kasus ini,” ujar Sopko kepada subkomite DPR AS seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (7/10/2021).

Ghani telah menerima kritik keras karena melarikan diri ketika Taliban mencapai pinggiran Kabul pada Agustus lalu.

Kantor Sopko, SIGAR telah lama menyelidiki penipuan, pemborosan dan penyalahgunaan selama upaya pembangunan besar-besaran di Afghanistan yang berakhir kacau setelah 20 tahun karena pengambilalihan Taliban.

Sopko mengatakan kepada subbagian Komisi Urusan Luar Negeri DPR yang mengawasi bantuan pembangunan bahwa kegagalan proyek AS bukan menjadi hal yang tidak dapat diprediksi, mengingat korupsi yang merajalela dan tata kelola yang salah.

“Korupsi mengakar di skala yang luas sehingga pada akhirnya mengancam misi keamanan dan rekonstruksi di Afghanistan”, ucapnya kepada panel DPR.

Sopko menambahkan “sekarang adalah masa sulit bagi kita semua yang peduli dengan masa depan rakyat Afghanistan, terutama warga Afghanistan yang membantu AS dan sekutu selama 20 tahun terakhir”.

Sopko juga menyatakan bahwa seluruh staf SIGAR – termasuk staf Afghanistan yang dipekerjakan di negara tersebut – telah diamankan dari Kabul.

Baca juga !