Sat. Dec 3rd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Atlet Rusia dan Belarus Dilarang Ikut Pertandingan FINA

1 min read

Jakarta – FINA pada Rabu, 23 Maret 2022, mengumumkan atlet dari Rusia dan Belarus serta para kru olahraga dari dua negara itu, dilarang mengikuti kejuaraan – kejuaraan dunia olahraga renang sepanjang tahun ini. Larangan ini menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Sebelumnya pada akhir bulan lalu, FINA membatalkan World Junior Swimming Championships yang seharusnya digelar di Kazan, yakni ebuah kota di selatan Rusia.
“Biro FINA sudah melakukan pertemuan hari ini dan mengkonfirmasi bahwa atlet Rusia dan atlet Belarus serta para kru-nya, tidak akan berpartisipasi pada FINA World Championships yang ke-19 di Ibu Kota Budapest 2022,” demikian pernyataan FINA.
Atlet Rusia dan Belarus Dilarang Ikut Pertandingan FINA

Tim Rusia tampil dalam penyisihan renang indah kelompok kombinasi bebas dalam Kejuaraan Renang Dunia di in Kazan, Rusia, Sunday, 26 Juli 2015. AP/Michael Sohn

Menyusul keputusan FINA tersebut, Federasi Renang Rusia pun menarik semua atlet mereka dari acara-acara FINA sepanjang tahun ini.
FINA sebelumnya telah memutuskan untuk menghapus Kota Kazan di Rusia sebagai tuan rumah pertandingan FINA Swimming World Championships 2022, yang dijadwalkan digelar pada 17 Desember – 22 Desember 2022. Buntut dari keputusan itu, FINA saat ini masih berdiskusi siapa yang akan menggantikan posisi Kazan sebagai tuan rumah.
Rusia menyebut tindakan-tindakannya di Ukraina sebagai sebuah operasi khusus. Sedangkan Belarus telah menjadi wilayah penempatan tentara – tentara Rusia.

Baca juga !