Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Azyumardi Azra Kena Serangan Jantung, Kondisi Cukup Stabil

2 min read

Jakarta – Kedutaan Besar RI di Malaysia mengabarkan Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra, sudah dipindahkan ke ruang perawatan intensif untuk penyakit jantung. Perihal ini sudah disampaikan pada istri Azyumardi, Ipah Farihah.

Ipah sampai saat ini belum bisa mendampingi Azyumardi karena masih berada di perjalanan dari Indonesia ke Malaysia.

“Masih di ruang tunggu bandara, pesawat jam 11 delay jam 12. Beliau rupanya mendapat serangan jantung. Kondisi saat ini masih ditidurkan untuk memulai memasukkan obat. Kondisi cukup stabil,” kata Ipah kepada Tempo melalui pesan singkat, Sabtu, 17 September 2022.

Sebelumnya Azyumardi dikabarkan menjalani perawatan di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, setelah mengalami sesak nafas dalam penerbangan dari Jakarta menuju Kuala Lumpur pada Jumat, 16 September 2022. Dia segera mendapatkan perawatan di ICU pada Jumat malam tersebut.

Selain kabar terkena serangan jantung, Azyumardi juga dilaporkan positif Covid-19.

Menurut Dubes RI untuk Malaysia Hermono, Azyumardi belum dapat ditemui. Dia akan dipindahkan dari Rumah Sakit Serdang, Selangor ke rumah sakit di Kuala Lumpur, namun masih menunggu konfirmasi dari pihak rumah sakit yang akan menerima pasien.

Azyumardi pernah menjabat sebagai rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode 1998-2006.

“Menurut pihak rumah sakit beliau dirawat di ruang zona merah yang lazimnya digunakan untuk perawatan pasien terinfeksi Covid-19,” kata Hermono.

Wakil Presiden Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) Muhammad Shazni yang bertugas menjemput Azyumardi di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) mengatakan pada pukul 15.33 waktu setempat ia masih sempat berkomunikasi lewat Whats App dengan Azyumardi.

Dewan Pers mengkonfirmasi bahwa Azyumardi, yang bergelar professor, sedang dirawat di rumah sakit di Malaysia. Penyebabnya gangguan kesehatan saat hendak mendarat di Bandara Kuala Lumpur, sore ini (16/9).

“Beliau memang sedang mengadakan kunjungan ke Malaysia. Begitu mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Prof Azra langsung dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Malaysia. Saat ini, beliau sedang menjalani perawatan dan dalam pemantauan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia,” kata Dewan Pers.

Menurut anggota Dewan Pers Arif Zulkifli, Azyumardi ke Kuala Lumpur untuk memenuhi undangan tokoh politik Malaysia Anwar Ibrahim. Azyumardi, yang juga cendekiawan muslim, terpilih sebagai Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Baca juga !