Wed. Nov 30th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

BI Resmi Luncurkan BI FAST, Biaya Transfer Antarbank Jadi Rp 2.500

1 min read

Bank Indonesia (BI) hari ini resmi menerapkan BI FAST Payment tahap I. BI FAST merupakan sistem pembayaran ritel secara real time yang beroperasi 24 jam 7 hari menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Melalui sistem baru ini, biaya transfer online atau antarbank menjadi lebih murah yaitu hanya sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Besaran tarif ini lebih murah dibandingkan biaya transfer online perbankan saat ini yaitu Rp 6.500 per transaksi serta lebih murah dibandingkan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang sebesar Rp 2.900 per transaksi.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim memohon ridho Allah SWT, dengan semangat transformasi digital untuk akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia, dengan ini saya meresmikan peluncuran BI FAST,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Peluncuran BI FAST: Infrastruktur Sistem Pembayaran Ritel Nasional, Selasa (21/12).

Ilustrasi belanja online menggunakan mobile banking. Foto: Shutterstock

Biaya transfer antarbank senilai Rp 2.500 ini berlaku untuk transaksi maksimal hingga Rp 250 juta. Namun, mengingat sistem BI FAST ini masih baru akan masuk tahap I, untuk itu biaya transfer antarbank tersebut belum berlaku di semua bank.

Perry mengatakan untuk tahap I ini telah ada 21 peserta yang terdiri dari perbankan. Sementara untuk tahap II yang akan di resmikan pada 24 Januari 2022 nanti rencananya ada 22 calon peserta terdiri dari bank dan nonbank.

Meski demikian Perry mengatakan sistem keanggotaan ini terbuka bagi bank mana pun. BI bahkan berharap nantinya implementasi BI FAST akan semakin meluas.

Baca juga !